*PENTINGNYA PEMERIKSAAN TORCH BAGI IBU HAMIL
*

*Apakah pemeriksaan TORCH itu ?*

Pemeriksaan *TORCH* adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mendeteksi
infeksi TORCH, yang disebabkan oleh parasit *TO*xoplasma, virus *R*ubella, *
C*ytomegalovirus (CMV) dan virus *H*erpes.

Cara mengetahui infeksi TORCH adalah dengan mendeteksi adanya antibodi dalam
darah pasien, yaitu dengan pemeriksaan :

   - Anti-Toxoplasma *IgM* dan Anti-Toxoplasma IgG
   (untuk mendeteksi infeksi Toxoplasma)
   - Anti-Rubella *IgM* dan Anti-Rubella IgG
   (Untuk mendeteksi infeksi Rubella)
   - Anti-CMV *IgM* dan Anti-CMV IgG
   (untuk mendeteksi infeksi Cytomegalovirus)
   - Anti-*HSV2* *IgM* dan Anti-*HSV2* IgG
   (untuk mendeteksi infeksi virus Herpes)

Infeksi toksoplasma dan CMV dapat dapat bersifat laten tetapi yang berbahaya
adalah infeksi primer (infeksi yang baru pertama terjadi di saat kehamilan,
terutama pada trimester pertama). Jadi, bila hasil pemeriksaan (yang
dilakukan saat hamil) positif maka perlu dilihat lebih lanjut apakah infeksi
baru terjadi atau telah lama berlangsung. Untuk itu perlu dilakukan
pemeriksaan :

   - Aviditas Anti-Toxoplasma IgG
   - Aviditas Anti-CMV IgG

*Mengapa Ibu Hamil Perlu Melakukan Pemeriksaan TORCH ?*

Infeksi TORCH yang terjadi pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran, bayi
lahir prematur, dan dapat juga menyebabkan kelainan pada janin yang
dikandungnya. Kelainan yang muncul dapat bersifat ringan atau berat,
kadang-kadang baru timbul gejala setelah remaja.

*Kelainan yang muncul dapat berupa :*

   - kerusakan mata (radang mata)
   - kerusakan telinga (tuli)
   - kerusakan jantung
   - gangguan pertumbuhan
   - gangguan saraf pusat
   - kerusakan otak (radang otak)
   - keterbelakangan mental
   - pembesaran hati dan limpa

*Pada umumnya, infeksi TORCH yang terjadi pada ibu hamil tidak bergejala
sehingga untuk mendiagnosis adanya infeksi TORCH diperlukan pemeriksaan
laboratorium*

*Siapa & kapan perlu melakukan pemeriksaan TORCH ?*

   -

   Wanita yang akan hamil atau merencanakan segera hamil
   -

   Wanita yang baru/sedang hamil bila hasil sebelumnya negatif atau belum
   diperiksa, idealnya dipantau setiap 3 bulan sekali
   -

   Bayi baru lahir yang ibunya terinfeksi pada saat hamil

*PANEL TORCH*

   -

   Anti-Toxoplasma *IgM*
   -

   Anti-Toxoplasma IgG
   -

   Anti-Rubella *IgM*
   -

   Anti-Rubella IgG
   -

   Anti-CMV *IgM*
   -

   Anti-CMV IgG
   -

   Anti *HSV2* *IgM*
   -

   Anti *HSV2* IgG

*Bayi yang lahir sehat tanpa cacat merupakan idaman semua ibu hamil. Karena
itu, ibu hamil harus merawat kehamilannya sejak dini dengan memeriksakan
diri secara teratur ke dokter, menjaga kebersihan dan mengkonsumsi makanan
bergizi. Disamping itu, melakukan pemeriksaan laboratorium sebelum dan
selama kehamilan juga sangat penting.*

*Untuk keterangan lebih lengkap silakan menghubungi Laboratorium Klinik
Prodia terdekat*

*Torch, Avidity & Kehamilan
erna: Friday, May 13, 2005 9:14 PM
 *
 *Pertanyaan*:
*
Dokter, saya melakukan test TORCH tgl. 04-05-2005 di Prodia Solo.
Adapun hasil yg didapat :
# Anti Toxo-IgG Avidity : High Avidity ( 0.557 ) : Nilai rujukan (-)
# Anti Toxoplasma IgM : Negatif ( 0.03 ) : Nilai rujukan : (-)
# Anti Toxoplasma IgG : Positif ( 329 ) : Nilai rujukan (-)
# Anti Rubella IgM : Negatif ( 0.09 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti Rubella IgG : Positif ( 193) : Nilai
rujukan (-)
# Anti CMV IgM : Negatif ( 0.11 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti CMV IgG : Negatif ( 87 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti CMV IgG Avidity : indeks ( 0.95 ) : Nilai rujukan (-)
# Anti HSV2 IgM : Negatif ( 0.31 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti HSV2 IgG : Negatif ( 0.28 ) : Nilai rujukan (-)

Mnrt hasil di atas, saya pernah terkena Toxoplasma tetapi lampau (IgG = 329)
berarti saya sudah mempunyai antibodinya.
Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah antibodi yg > 300 bisa berdampak buruk terhadap kehamilan?
2. Apabila hamil apakah saya bisa kena TORCH lagi ?
3. Avidity toxo-IgG = high avidity. Apa maksudnya ?
4. Saya pernah membaca hasil konsultasi di internet bhw IgM harus - , tetapi
mengapa di hasil test saya hasilnya 0,XX tapi dinyatakan negatif ? Apakah
itu harus diobati? karena semua hasil IgM tidak – ( 0,03 s/d 0.31 ) Kalau
TIDAK DIOBATI apakah pengaruhnya pada janin kalo saya hamil ?

Maaf bila pertanyaan banyak. Mohon saran dan penjelasannya. Terima kasih.

 * *
Jawaban:*

1.  Dari data yang Erna berikan mengenai toksoplasma, terdapat *IgM* yang
negative, tetapi IgG positif (329). Ini menunjukkan bahwa infeksi
toksoplasma yang ada pada Erna bukanlah suatu infeksi baru, tetapi infeksi
di masa lampau. Tetapi infeksi di masa lampau ini bisa mengalami reaktivasi/
aktif kembali. Cara untuk mengetahui apakah infeksi ini merupakan reaktivasi
atau tidak, maka Erna harus melakukan test ulang 3 minggu setelah test
pertama. Jika IgG mengalami peningkatan 4x lipat maka berarti telah terjadi
reaktivasi dan perlu mendapatkan pengobatan

2.  Bisa

3.  Dengan memeriksa IgG avidity, kita bisa mengetahui kapan infeksi
toksoplasma itu terjadi. Jika avidity IgG tinggi (>0,3) maka berarti infeksi
itu terjadi sebelum kehamilan, sedangkan jika IgG avidity rendah (<0,3) maka
infeksi toksoplasma terjadi selama masa kehamilan

4.  *IgM *secara kualitatif nilai normalnya memang harus negatif, tetapi
secara kuantitatif ada nilai tersendiri yang masih bisa kita golongkan
negatif. Misalnya saja untuk *IgM *toxoplasma, masih digolongkan negatif
apabila < 0,55. Jadi untuk kasus Mbak Erna rasanya belum perlu mendapatkan
pengobatan.

Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya berikan dapat menjawab
pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan lain dapat
menghubungi kami kembali.

*(Dr. Dewi Martalena)*
Smoga cukup ya Pak...n smoga cepet sembuh...

Bunda Zalwa diSemarang

--
Muslifa Aseani
Jalan Kanfer Utara V 246 Banyumanik Semarang

Kirim email ke