Seinget ku dulu waktu bikin tahun 2003 awal, ga tau yah kalo skr lebih ribet apa lebih mudah

KK,KTP,Akte Lahir,Surat ganti nama dan SKBRI untuk keturunan,Rekening Koran/Tabungan 3 bulan terakhir,Surat sponsor ( dr kantor kalo bekerja di kantor,kalo wiraswasta jg wajib dilampir dg kop surat,kalo di uni atau sek ,biasa minta surat keterangan dr sekolah hanya untuk berlibur),Kadang di minta tiket/kwintasi tiket, kalo dulu saya hanya bukti dr travel kita udah book tiket aza ama rute nya, krn dulu temen ku ada yg kerja di travel, jadi minta tlg, trus krn saya ke sana untuk graduation temen dan sekalian jalan2, maka temen saya yg di US krm surat ke saya berupa dokumen, bahwa dia invite saya untuk ke acara graduation dan jalan, dilampirkan ID nya dia, driver lisence juga, lengkap alamat rumah dan telp....

Jadi pas ke sana saya ga di interviem macam2, krn udah ada bukti2 yg kuat, plg cuma di tanya brapa lama aza di sana, trus udah deh 3 hari lagi suruh ambil, dan puji Tuhan aku lgs dapet 5 tahun

Eh ya kalo udah ada paspor baru masih kosong mendingan bawa paspor lamanya juga, kalo sering ke luar negeri agak mudah apalagi yg udah pernah ke US,nah saya jg bawa waktu itu di suruh temen saya yg di travel, saya jg dipermudah katanya krn udah beberapa kali ke US dan negara lain,jd ga gitu di persulit....

Well semoga berjalan lancar dan sukses yah dg visa nya

Cheers

Nina