From: intan dima [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, December 27, 2005 3:16 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Please HELP ---> Need Gol Darag B, urgent

mbak, aku kecewa sama kalimat dokternya...
kok "angkat tangan"??????????

aku juga pernah db dan trombositku 40rb... tidak perlu tambah darah...
sepupuku juga db dan trombositnya tinggal 19000.... tidak perlu tambah
darah...

hiks.... yg jelas, aku waktu itu perbanyak minum.. minum dan minum.... kalau
anakny agak mau minum, ya terpaksa di infus cairan ya....

penderita db memang trombotitnya akan menurun pada 4-5 hari pertama,
selanjutnya, trombosit akan naik dengan sendirinya JIKA diberi cairan yg
cukup.... jadi, kuncinya, penderita db itu butuh cairan mbak, bukan
transfusi darah.....

pikirkan juga bahayanya transfusi darah.... selain mahal, resiko tertular
infeksi virus juga besar....

kalo gak salah awal 2000-an di rscm sendiri dah ada kebijakan, bahwa jika
pasien db kondisinya masih baik (tidak ada pendarahan), tranfusi darah BELUM
akan diberikan...

sementara ini saya cum abisa bantu beri patokan:

- trombosit kurang dari 60rb: beresiko terjadi pendarahan (yg berarti tidak
selalu akan pendarahan)
- trombosit kurang dari 20rb: resiko pendarahan tiba2...
- trombosit kurang dari 5000, resiko pendarahan otak...

jadi mbak, bilang ke temen mbak jangan cepat meneyrah dan jangan termakan
kata2 dokter gak mutu kayak gitu.... anaknya dah hari keberapa demam? suruh
anaknya lebih banyak minum....makin banyak makin baik.... kalau tidak mau
minum, di infus cairan aja...

saya bantu doa ya mbak :(