Semalam di surabaya

saya pulang kantor jam 17.10
manasin mobil kira2 5 menit, trus keluar kantor
masuk jalan A. yani...sudah padat merayap
mau lewat jembatan layang lurus ke tunjungan plaza, berita di radio
mengabarkan jalur tsb Macet krngenangan air sekitar 20 cm
menghindari kemacetan, saya lewat bawah - Pasar wonokromo
lancar walaupun tidak lebih dr 20km kecepatan mobil

masuk kawasan perempatan ngagel-dinoyo
mulai deh acara cet-macet dimulai,....jreng...jrenggg....jreeenggg
belok kiri lewat jalan ngagel depan makam pahlawan, super macet, mobil
berenti jegreg !!

belok ke area kali bokor, tidak ada kendaraan satupun yg lewat
hujan masih deras
air menggenang masih tetep tinggi, saya tetep aja berzikir sambil
nyetir tengok kiri kanan
masalahnya ini ngelewatin gudang angker yg dulu pernah muncul di "uji
nyali" trans TV
akhirnya lewat dari jalan yg sunyi senyap saya sampai dan terjebak
kemacetan di jl. pucang menuju kertajaya
genangan air semakin tinggi
sedan saya yg di modifikasi "ceper" sudah kemasukan air...
saya masih komat-kamit zikir dan memohon agar engine mobil tdk mati
tapi wajah...masih di stel tenang
mencoba tidak panik

klimaksnya
menuju perempatan raya kertajaya
di kiri kanan banyak mobil dan sepeda motor yg sudah mogok
ada yg jalan sambil nuntun spd motornya
ada yg buka kap mobil sambil kipas-kipas
ada yg minggirin mobilnya, sambil nyalain music super keras
banyak anak-anak yg bantu dorong mobil mogok menuju pinggir jalan, dan
sudah barang tentu mereka minta imbalan uang yg diluar
kebiasaan....syereem...
saya sudah mulai merasa bahwa sebentar lagi, saya akan mengalami nasib yg
 sama dgn mereka.
Cilaka 12 !, dari perempatan itu seharusnya saya lurus saja untuk
menuju ke rumah
tapi sudah berdiri 4 orang polisi yg sibuk dgn tongkat lampunya, sibuk
niup peluitnya. Gak boleh lurus....
semua harus ke kiri...
padahal kalau ke kiri, genangan air pasti makin tinggi (Udah terkenal,
langganan Banjir)
baru 5 meter belok kiri, mesin saya mati, dari dasboard keluar asep yg
menyesakkan nafas.....
saya minta tolong tukang parir buat ngedorong mobil saya....
alhamdulillah sudah rada ke pinggir....

celaka dua belas kwadrat !!
hari ini HP sy di blokir !
karena sedang "falling in love" dengan kehadiran Anggya....
saya sampe lupa jalan-jalan ke mall dan bayar kartu halo di ATM....
wiiih......
yg ada, saya mejeng deh dipinggir jalan
sambil nungguin hubby telepon

ALHAMDULILLAH
hubby telepon, dan langsung aja bibir ini nyrocos sperti peluru kluar
dari pistol, tanpa bisa di rem....
ditambah PANIK....
gaya sok tenang yg dari tadi dipasang, sontak ambrol deh....

hubby dateng 1/2 jam kemudian
alhamdullillah lagi, posisi macet ini dekat dgn rumah Om saya
walhasil kita dorong mobil dititipin di rumah Om
jam 21.00 malem, saya sampe rumah

Mas Nanda girang
Mas reza minta gendong
Dek anggya belum bobok (Biasanya bobok jam 19.00)

habis ganti baju yg basah (Pulang pake spd motor)
aku makan malem, sambil ditemenin mas Nanda, dan mas reza dipangkuan
selesai maka, ke kamar dek anggya, kasih nenen....ajaib 2 menit, dia
langsung TIDUR PULAS !!

trus gantian, nemenin Mas Nanda dan Mas reza di kamar sebelah
sampai mereka tidur semua....
aku juga dah mulai ngantuk dan capek
tapi sebelum tidur, dikerokin dulu ama hubby

pagi ini, hubby bawa mobilku ke bengkel.....
aku ke kantor pake taxi.....Rp. 44 ribu......

wihhhh hujan semalam
membawa cerita seru........

smoga aja nggak ada temen BA yg punya cerita sama dgn aku.....

salam

--
Enggar Retnoningsih
Surabaya