thx ya Ibu nya Zalwa

regrds
Jusuf JK

----- Original Message ----- From: "Muslifa Aseani" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Thursday, January 05, 2006 11:52 AM
Subject: Re: [balita-anda] ASI EKSKLUSIF.....?( ada tips n trick ? share ?)

Rangkuman : ASI eksklusif 6 bulan [Dunia Ibu]

[Tanya]

Kalau mau pompa asi di kantor, kan mestinya lebih dari 1x, lalu, kalau mau
mensterilkan pompanya pakai apa ? [Ev]

[Jawab]

Aku tidak pakai pompa, pompaku karetnya hilang, lalu karena informasi dari
ibus DI pula aku jadi pakai tangan, dan enak sekali, modalnya hanya sabun,
air dan handuk kecil buat cuci tangan. Jadi sterillah tanganku. [Vl]

Aku tidak pakai pompa, cukup pakai tangan. Sebelum mulai, tangannya dicuci
dulu pakai sabun. [Fn]

Kebetulan aku pakai tangan mompanya, jadi tidak repot sama urusan steril2
pompanya, dulu anak pertama sempat pakai pompa sebentar tapi hasilnya tidak
sebanyak pakai tangan. [Lk]

Pengalamanku waktu anak pertama aku juga pakai pompa malah sekitar aerolaku
luka, akhirnya pakai tangan lebih efektif. [Im]

Aku dulu tidak bisa pakai pompa, dapatnya sedikit dan sakit pula, jadinya
pompa pigeon-ku nganggur baru dipakai 2-3 kali. Pakai tangan ternyata lebih
nyaman, praktis dan kata dokter lebih bagus karena tekniknya bisa merangsang
produksi ASI. [Rt]

Pakai tangan (cuci tangan dulu + pakai baby oil) saja tidak usah pakai
pompa. Yang penting mengerti trik massagenya. Di klinik laktasi diajarkan
tiga gerakan massage, pertama2 sakitnya aujubillah - tapi lama2 tidak
apa-apa. Disarankan untuk massage at least 1X/hari. Baca saja edisi khusus
ayahbunda tentang kiat menyusui. Tapi itu pun aku tidak terlalu mengerti
sekali keterangannya - untung di klinik laktasi carolus diajarkan (021-390
4441/315 4187 ext. 2271). [Jd]
smoga bnatu ya Pak....