aduh aduh mama aya....

kalo gak salah di BA sini cukup sering di bahas tg flek paru dan TB pada anak kan ya..... jgn jgn di skip melulu nih? saya sih gak masalahin mbak mau baca atau tidak, tapi giliran anak sendiri yg kena, baru deh pusing.... lebih repot lagi, sang anak dapet obat2an yang jelas tidak/belum perlu dan ada efek sampingnya...

next time, ayo dong kita sama2 belajar bertindak preventif, dalam arti, cari ilmu sebanyak2nya terutama ttg kesehatan anak2 kita....

yg pertama, mbak perlu lebih hati2 saat memutuskan kapan anak perlu dibawa kedokter.... anak mbak batuknya cuma satu minggu kan ya? sudah coba observasi terlebih dahulu? batuknya hanya karena virus or karena alergi? lalu apakah ada demam naik turun? keringat keluar malam hari? BB turun drastis? jika semuanya iya, baru boleh dicurigai anak kena TB. Kalau cuma turun beberapa ons itu belum patut dicemaskan dong mbak... anak say akalo sakit batuk pilek 2 minggu pasti turun hampir 1/2 kilo.....

hati2 mbak, seringkali akibat sang ortu teledor, sang anak dipaksa minum obat2an yg merugikan tubuhnya sendiri....

berkali2 disebutkan bahwa flek paru itu adalah istilah SANGAT MENYESATKAN... ga ada tuh di negara maju istilah flek paru....
mbak cari tau dong pastinay apa maksudnya flak paru??
anak yg sedang batuk pilek saja pasti ada flek/infiltrat di paru2nya...
kalau ternayta anak mbak hanya terkena virus biasa, apa masih mau beri obat2 sebanyak itu ke anak mbak?

tes mantoux yg dijalanin anak mbak bukan satu2nya dasar untuk menentukan apakah anak terkena TB atau tidak. tes mantoux hanyaalh salah satu alat... coba sekarang cek kesehatan mbak, suami mbak atau siapapun yg sangat sering dekat dengan anak mbak. Bakteri TB ini memang menular, tapi SULIT untuk berpindah, kita butuh close contact dengan si penderita 8 jam perhari selama beberapa bulan.

jadi, untuk mencurigai anak kena TB atau tidak, ortunya/BSnyalah yg harus dicurigai juga.

terus, benjolan kemerahan sebesar 1,5cm itu bisa jadi positif ... positif disini juga tidak selalu anak sedang sakit, jgn jgn memang pernah sakit TB (terinfeksi TB) dan SUDAH sembuh...

terus, sang anak diberi obat apa? masa ngga tau? hati2 ah mbak.... kit abeli HP aja pasti cek2 dulu kok... masa obat ke anak kita gak cek?

ttg dokter yg bagus dan komunikatif...... hmm... maksudnya yg kayak gimana ya? yg gak gampang kasi obat? saya ada kenalan dokter yg suka marah sama pasiennya dan nyuruh pulang gara2 dikit2 anaknay dibawa kedokter hanya karena batuk pilek.... apa dokter seperti ini yg mba cari? :)

kalo diluaran sana, lebih banyak dokter yg ramah, komunikatif, dan sering drug abuse.....

saran saya sebaiknay dari kita sendiri yg perbanyak ilmu... jadikan diri kita dokter pertama bagi anak2 kita.....

----- Original Message ----- From: "o.kel.indriyanih" <[EMAIL PROTECTED]>