Mbak Noni…
Sehrsnya juga begitu…
VAKSIN HiB ada 2 jenis yg beredar di Indonesia…
diberikan 2kali or 3 kali di bwh 1 th
Berikut penjelasan dari dr Eka milis sebelah yah..
Di Indonesia ada 2 jenis yang beredar:
  1.   Konjugasi dengan membran protein luar dari
Neisseria
meningitidis yang disebut sebagai PRP-OMP (Pedvax)
  2.   Konjugasi dengan toksoid tetanus yang disebut
PRP-T (Act-Hib, Hiberix atau dalam bentuk kombinasi
Tetract-HIB dan Infanrix-HIB)
Keduanya menunjukan efikasi dan keamanan sangat tinggi
dan dapat digunakan bergantian atau kombinasi.
  Jadwal pemberian:
- PRP-T diberikan 3x sebagai imunisasi dasar (usia 2
bulan, 4 bulan dan 6 bulan) n
- PRP-OMP diberikan 2 x sebagai imunisasi dasar (2
bulan dan 4 bulan) – ini jenis imunisasi Jonatahan klo
boleh aku rada nebak..
ulangan umumnya diberikan 1 tahun setelah imunisasi
terakhir. Titer PRP-T bertahan lebih lama dibanding
PRP-OMP.
Bila suntikan pada bayi berusia 6 bulan – 1 tahun, 2
kali sudah menghasilkan titer protektif. Bila suntikan
pada bayi berusia > 1 tahun, cukup 1 kali tanpa perlu
booster. Hal ini sering menyebabkan dokter menunda
pemberian vaksin HIB sehingga memerlukan dosis lebih
sedikit.
Pendapat ini SALAH karena HIB lebih sering menyerang
bayi kecil, 26% terjadi pada bayi usia 2-6 bulan dan
25% pada bayi usia 7-11 bulan (CDC).
Kasus termuda di Jakarta usia 3 bulan.

Mbak klo dokternya gitu aku gak tau alaesan
pastinya…saranku sih mendingan cari DSA lain aja deh…
yg mau kasih imunisasi ulangan Hib…

Uci mamaKavin

Re: [balita-anda] Re: imunisasi HIB dan MMR (lagi)
Noni Mira Timotius
Sun, 08 Jan 2006 17:47:52 -0800

Jonathan dapet imunisasi HIB waktu usia 2 bulan, dan
sekali lagi usia 6 bulan (kalo gak salah inget...
catetannya di rumah sih). Brarti mustinya usia 18
bulan ini dia diberikan booster HiB 3 ya? Bener gak
MamaKavin? Tapi kenapa dokternya kemaren cuma kasih
DPT aja ya?

Trus mengenai MMR, saya sih termasuk yg gak percaya
soal autism vs MMR itu. Cuma penasaran aja kok
dokternya tidak mau memberikan MMR sebelum 2 tahun.
Dan Jonathan udah dapet MMR waktu 15 bulan kok.

Satu lagi pertanyaan yang ketinggalan. Kalau sebelum
diimunisasi MMR sudah pernah kena campak dan rubela,
apakah masih ada gunanya imunisasi MMR itu? Atau
apakah ada imunisasi untuk mums-nya (gondongan) saja?

thanks lagi.
noni

----- Original Message ----- From: "Mama Kavindra"
<[EMAIL PROTECTED]>