Ibu Ika,
Suaminya kerja di pelabuhan donk (adpel or pelindo)?
Berbicara tentang karir, menurut saya, ditempatkan di bitung dengan posisi
"bos kecil" merupakan kesempatan "emas" dilingkungan PNS. Banyak pegawai
yang pingin jadi bos kecil disuatu daerah, namun apa daya, banyak aturan
tertulis dan tidak tertulis yang harus dimiliki orang tersebut.
Memang bisa jadi suami ibu Ika jadi bos kecil selamanya disana, tetapi bisa
juga sebagai "batu loncatan" agar bisa menduduki posisi yang penting di
kantor pusat suatu saat nanti. Karena menduduki posisi penting di kantor
pusat, memerlukan pengalaman memimpin di daerah sesuai dengan jenjang grade
masing-masing.
Cukup berat mengambil keputusan bilamana posisi ibu saat ini baru mendapat
promosi, apalagi gaji ibu hampir sama dengan gaji suami nantinya.
Menurut saya, sebaiknya istri mengikuti kemanapun suami pergi apalagi
masalah karirnya karena suami sudah merencanakan yang terbaik buat
keluarganya. (perlu dibicarakan kembali management career mendatang).

Bitung merupakan daerah/kota kecil, sekitar 1,5 jam perjalanan dari manado.
Setahu saya disana belum ada playgroup, tapi TK pasti ada
Bila memungkinkan keluarga ibu dapat tinggal di manado dengan fasilitas
pendidikan yang lebih baik, dan siapa tahu ibu bisa mencari kerja lagi
disana. Apalagi jarak tempuh manado-bitung hampir sama dengan jarak tempuh
bekasi -jakarta, tangerang-jakarta, cibinong-jakarta dengan bermacet ria
Soal pergaulan anak-anak di lingkungan tergantung dari kita bagaimana
me-manage,mengawasi dan memberikan pengertian terhadap mereka.

*maaf tidak bisa banyak membantu*

Brgds,
Robert