Sharing aja...

Dulu Nissa uisa 1-2 bln BAB nya berbusa, kata DSAnya karena ibunya makan makanan pedas. So.. bagi para ibu yang hobby makan pedas, wayahna....selama netekin jgn dulu deh berpedas ria hehe

salam,
Mama Nissa

From: "Moi Tjin" <[EMAIL PROTECTED]>
To: "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]>,"Balita Anda" <[EMAIL PROTECTED]>,"Anakku" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [balita-anda] USG di Trimester I
Date: Thu, 19 Jun 2003 12:47:16 +0700 (SE Asia Standard Time)

Dearest all,

Aku baru aja kemarin diinformasikan oleh dr. Dario Turk bahwa pada USG di
trimester I (antara minggu ke 10 -12), kita, sebagai pasien, dapat dan perlu
minta diukur janinnya untuk mengetahui EDD (Expected/Estimated Delivery Date
= tangal perkiraan lahir). EDD yg didapat dari hasil pengukuran ini adalah
yang paling tepat tingkat keakuratannya dibandingkan dengan metode ataupun
USG pada periode lainnya. EDD ini paling bergeser 3 -5 hari dari due date
bayi.

Lazimnya memang di Indo belum ada budaya seperti ini (kalo di LN sih katanya
udah pasti diukur janinnya untuk hitung EDD ini). EDD ini diukur dengan alat
USG 2-D (tidak perlu sampai 3-D/4-D). Perlunya EDD ini diketahui untuk dapat
mendeteksi lebih dini perkembangan janin bila janin mengalami IUGR
(Intra-Uterine Growth Retardation) atau PJT (Perkembangan Janin Terhambat)
dimana perkembangan organ tubuh ada yg tidak sesuai dengan umur kehamilan.
EDD juga diperlukan untuk ibu yg siklus haidnya tidak tetap sehingga janin
tidak sampai post-mature.

So, buat yg lagi di minggu ke 10 -12, saya sarankan utk minta diukur janin
agar EDD dapat diketahui.

2 minggu yg lalu, saya sendiri baru diberitahu oleh DSOG saya di minggu
ke-34 (padahal tiap kontrol selalu di-USG) bahwa ada kemungkinan bayi saya
telat 10 hari dari usia kehamilan. That's why akhirnya saya minta second
opinion ke dr. Dario (yg USGnya 2-3-4 D di RS Family). Dari hasil
hitungannya kemarin, dr. Dario kurang-lebih juga menyimpulkan hal yg sama.
Kecenderungan untuk IUGR/PJT relatif kecil karena tidak sampai beda 3 minggu
Namun tidak dapat dipastikan secara akurat usia janin sendiri karena sudah
di trimester ke-3 walaupun saya punya catatan pasti soal hari pertama mens
terakhir, siklus haid teratur, dan tanggal konsepsi (banyak sekali rumus yg
dapat digunakan tapi keakuratan tidak dijamin seperti halnya EDD).

Demikian sharing saya. Semoga bermanfaat,
Mamanya Joya

The new MSN 8: smart spam protection and 2 months FREE* http://join.msn.com/?page=features/junkmail

Mau kirim bunga hari ini ? Klik, http://www.indokado.com/
Info balita, http://www.balita-anda.com