Slamat siang ibu ami...

berikut artikel tentang tanda2 hamil..

mudah-mudahan bisa membantu

salam
Arief H

Hamil...Tidak...Hamil

Tidak yakin anda hamil mesti haid sudah terlambat seminggu? Meski sudah ada
test pack untuk menguji kehamilan, kadang mempercayai perubahan pada tubuh
sebagai pertanda kehamilan masihlah cara ampuh.

Berikut ada 10 tanda-tanda untuk memastikan hamil-tidaknya Anda? yuk, kita
cek:

1. Puting/payudara lebih lembut
Jika Anda hamil, Anda akan mengenali bahwa payudara dan putingnya menjadi
lebih lembut sekitar tiga pekan setelah pembuahan (saat haid terlambat
sekitar seminggu). Mungkin payudara terasa bengkak, serupa
dengan saat menjelang haid.

2. Muncul flek dan kram
Saat anda hamil, biasanya ditandai dengan munculnya flek pink di celana
dalam yang terjadi saat implantasi (manakala embrio menempel di dinding
uterus. Hal ini terjadi sekitar 8-10 hari menyusul ovulasi, sedikit lebih
awal dibanding datangnya waktu haid). Kadang kita salah mengartikannya
sebagai haid, hanya waktunya lebih pendek ketimbang menstruasi normal. Kram
juga umum terjadi di awal kehamilan. Sampai kehamilan trimester kedua, kram
seperti ini akan muncul. Kontraksi di rahim terjadi secara teratur,
meningkat dengan olahraga, orgasme dan bahkan perubahan posisi.

3. Penggelapan areola
Pada kehamilan awal, Anda mungkin mengenali daerah areola (daerah gelap yang
mengelilingi puting payudara) mulai menjadi lebih gelap dan diameternya
membesar. Diyakini bahwa bertambah gelapnya warna areola membantu bayi yang
baru lahir menemukan puting untuk menyusu. Anda mungkin juga akan mengenali
bahwa vena di payudara menjadi lebih kelihatan karena penegangan payudara.

4. Lelah berlebihan
Jika anda hamil, gejala yang paling umum dalam delapan hingga sepuluh minggu
pertama adalah rasa lelah. Saat hamil, tubuh mengalami perubahan metabolisme
yang signifikan. Seluruh tubuh Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap
proses baru bertumbuhnya janin. bagi sebagian besar wanita, kelelahan akan
pergi saat usia kehamilan 12 minggu.

5. Mual dan muntah
Jika Anda hamil, pada awal kehamilan, beberapa hari setelah pembuahan,
mungkin akan mengalami morning sickness. Sebenarnya morning sickness ini
nama yang salah, karena pada kenyataannya mual dan muntah bisa terjadi kapan
saja: pagi, siang, malam.

6. Sering buang air kecil
Saat haid terlambat satu hingga dua minggu, mungkin keinginan buang air
kecil menjadi lebih sering ketimbang biasanya. Ini karena janin yang tumbuh
di rahim menekan saluran urin. Makanya terasa kebelet pipis.

7. Sembelit
Buang air besar (BAB) menjadi sulit dan tidak lancar? Ini lazim terjadi pada
awal kehamilan. Hormon tambahan yang diproduksi pada masa kehamilan
menyebabkan usus halus lebih lentur dan menjadi kurang efisien.

8. Naiknya temperatur basal tubuh
Nah, bisa dipastikan anda hamil jika suhu basal tubuh meningkat, saat masa
haid yang harusnya datang terlewat. dan tidak turun ke level sebelum terjadi
ovulasi. Saat terjadinya pembuahan, ovum dibuahi di tuba falopii, dan
membutuhkan sekitar seminggu untuk ke rahim, dimana ovum terbuahi akan
menempel di sana.

9. Haid tak datang.
Ini pertanda awal kehamilan, apalagi jika haid terbiasa teratur.
Dikombinasikan dengan tanda-tanda positif di atas, kemungkinan besar Anda
memang hamil.

10. Tes kehamilan.
Jika Anda ingin memastikan kebenarannya, lakukan dengan test pack yang bisa
dibeli bebas di apotek. Tes urin akurat untuk kehamilan usia 10-14 hari.
Ingat, test kehamilan yang bisa dilakukan di rumah itu belum tentu 100%
benar, bahkan setelah melalui cek darah sekalipun. Jika semua tes hasilnya
negatif, sementara Anda merasa seperti hamil, lakukan tes lagi. Kali ini ke
dokter kandungan.

Sumber: http://www.kompas.co.id/wanita/news/0506/13/150425.htm