ikutan deh :D

kalo saya kemarin:
- baju kancing depan
- bh menyusui
- sekoper popok, kain dan pakaian bayi
- cd
- pembalut khusus melahirkan, yg gedenya kayak punya arab
- sarung, sabun sikat gigi odol
- bayi hrs lgsg nenen ke ibunya meski asinya belum keluar... asi tidak langsung keluar saat melhirkan adalah wajar, untuk itu, butuh lgsg cepat2 dinenenin oleh sang bayi biar asi terangsang keluar.... saya 48 jam after melahirkan baru keluar kolostrumnya... dan bayi sendiri sebenarnya tidak apa2 jika dalam 48 jam tidak minum apapun..... extreme memang, tapi inilah kenyataannya.. jadi, sebisa mungkin bayi lgsg nenen dari ibunya.....

gurita dan stagen saat ini sudah tidak disarankan karena sebenarnya dengan pakai gurita/stagen, otot2 di dalam perut ibu justru akan lambat pulihnya...
kalau mau cepat pulih, abis melahirkan buru2 belajar jalan..
dulu setelah ops sesar, dalam waktu 12 jam sudah saya bawa jalan2 sekitar ruang perawatan - kamar bayi... sakit memang, tapi gak ada keluhan dan sembuhnya jadi cepet....