Wah..ini gara² BA ngadat, jadinya baru di reply sekarang :-(

Tiap anak unik, nggak sama perkembangannya satu dgn yang lainnya. Ada yang
ngomongnya cepet, giginya tumbuh lama, jalannya lambat dll.
Anak saya  (2 thn 9 bln, cowok juga) baru keluar kata² (verbal) begitu usia
>2 thn. Yang penting stimulasinya cukup, jangan kurang atau berlebihan.
Pernah ada kasus anaknya belum bisa ngomong bukan karena tdk distimulasi,
ternyata karena over stimulasi....ibunya terlalu banyak bicara, jadi anaknya
kurang kesempatan "praktek". Ada jg yg bilang kalau anak cowok itu verbalnya
agak lambat dibanding anak cewek. Tapi kalau yg ini sih kayaknya karena
kebiasaan bermain anak², anak cowok cenderung main mobil²an, pesawat (niru
suara mobil atau pesawat) main bola...(paling teriak gol), robot²an dll.
Kalau anak cewek cenderung bermain boneka (ngobrol sama boneka, pura² jadi
ibu, mainan barbie dll) jadi lebih sering praktek bicara. Kalau pendapat
saya:
1. Kalau bicara dgn anak, usahakan wajah kita sejajar dgn anak, supaya anak
tahu gerak mulut kita (bibir dan lidah).
2. Lihat progress/perkembangannya. Kalau hari ini utk kata "Makan" bilang
"am", minggu depan "mamam" walaupun masih belum sempurna, berarti sudah ada
kemajuan. Yg diwaspadai kalau tdk berkembang atau malah menurun
3. Hargai usaha anak kita utk mau bicara, kasih pujian. Bagi kita mungkin
kata²nya nggak jelas, tapi bagi anak merupakan usaha yg sangat keras utk
mengucapkan kata tsb, dan pasti maksud hati anak kita kata tsb sudah
benar..apa daya yg keluar dimulutnya lain :-)
4. Pernahkan ada acuan kalau anak usia 2 thn, bisa 100 kata dsb..itu
maksudnya kata yg dimengerti, bukan yg diucapkan.
5. Kalau anak minta diambilkan sesuatu, sebaiknya tdk langsung dikasih. Tapi
dijelaskan ulang..."Faris minta tolong ibu ambil mobil²an? ", "yang merah
apa yg hijau?" dsb
6. dll :-)
Mungkin anak Bapak menonjol dibidang aktifitas fisiknya ya, tapi itu jg
belum ketahuan masih kecil kan....atau kalau senang musik, siapa tahu jadi
komponis, nggak perlu bisa nyanyi...tapi fasih notasi
Kalau saya sih positif thinking aja sama anak saya, mungkin memang dia nggak
bakat jadi presenter atau MC, tapi bakat jadi ilmuwan atau komisaris...nggak
perlu ngomong banyak... ha..ha... :-D

Dini