Dear Dr., SPs, Mom's & Dad's

Selamat Pagi semua...
Saya mohon sharing dari semuanya mungkin ada yang pernah keluraga/teman
mengalaminya (ma'af di luar topik BALITA).   Teman saya sa'at ini di
diagnosa oleh dokter mengalami pengentalan darah merah (secara medis disebut
apa ya?). Keadaan Teman saya (usia 35) secara global adalah sbb:

A. Setiap hari siang dan malam badannya selalu hangat, setiap tenga malam
bangun & kemudian susah tidur (gelisah) sampai pagi penyebabnya seluruh
badan suhunya naik (panas) tetapi telapak kaki & telapak tangan dingin.
Berat badan sudah turun +/- 7 Kg selama sakit. Kondisi secara umum lemas,
tindak tanduknya menurun, untuk makannya masih normal seperti biasa tidak
ada perubahan. Akibatnya teman saya berfikir macam-macam dengan penyakitnya
tsb.

B. Sudah berobat ke 3 Dokter, awalnya di-diagnosa oleh 2 dokter TYPUS (tapi
negatif), kemudian dilakukan cek darah sesuai rujukan dokter(sudah 2x dengan
lab. yang berbeda) tidak ada kelainan - semuanya normal. Tetapi dokter
terakhir mendiagnosa terjadi pengentalan darah yang menurut dokter tsb efek
samping penggunaan Narkoba (INEK) & oleh dokter diharuskan terapi obat
selama 6 bulan (saya tidak tahu nama obatnya).

C. Sebagai tambahan info, teman saya ini termasuk pemakai Narkoba (Inek
-CMIIW), peminum minuman keras. Tapi saat ini semenjak sakit sudah STOP
(mudah-mudahan seterusnya) dan juga pernah melakukan (ma'af) Jajan dengan
PSK.

Yang ingin saya tanyakan adalah :
1. Apakah diagnosa dokter yang menyatakan terjadi pengentalan darah merah
sudah benar atau mungkin ada diagnosa penyakit lain dengan ciri-ciri seperti
diatas? (Seperti HIV atau penyempitan pembuluh darah misalnya).

2. Adakah yang mempunyai artikel untuk penyakit yang diderita teman saya tsb
?! (karena saya tidak bisa browsing Internet).

3. Adakah dokter yang rekomended untuk penyakit teman saya ?!

Demikian pertanyaan saya untuk sedikit membantu teman saya agar tidak
berpikir macam-macam sehingga lekas sembuh dari penyakit yang di deritanya,
Atas SHARING dari Dokter, SPs & member semua sebelumnya saya ucapkan
terimakasih.

Rgds,

TONO