hmm ngeliat.....perkembangan sekarang mungkin konsep kita tentang TK ideal sama
kebutuhan saat ini menjadi berbeda...diingatan kita TK jaman dulu adalah tK yg
halaman luas dengan kebun dll, sekarang dihadapkan pada perkembangan bahwa anak
TK harus bisa ngerti angka, warna, baca dan tulis karena memang ini syarat agar
si anak di terima masuk SD......jadi saya fikir konsep TK ideal memang sudah
berubah.....yang harus dicari adalah TK yang mengajarkan realitas kehidupan
nyata untuk anak seuasianya dan pengajaran dengan hati.......dan setelah pusing
cari informasi sana-sini.......akhirnya ke dua anak saya saya masukkan ke
indonesia montessori di tebet dengan pertimbangan mereka mengajarkan dengan
hati, tidak pernah terlihat guru cemberut alias selalu terseyum, mereka sudah
dikenalkan dengan sains, matematika juga bahasa.....dan pertimbangan utama
adalah biaya......yang menurut saya kalo dibandingkan dengan TK/PG yg berkonsep
internasional.......Indomontessori masih relatif lebih
 murah......namun perkembangan anak saya 2-2nya terutama yang 2 tahun sangat
luar biasa dibanding anak seusianya.........semoga membantu..........

Dini Febrina <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Kalau saya lagi nyari "sekolah" TK atau
PG dengan kriteria sbb, hasil survey
tahun lalau belum ada yg memuaskan :-(
1. Halamannnya luas, ada rumput, tumbuhan (bunga dll);  nggak cuma
pekarangan kecil berbeton yg diisi mainan (ayunan, see saw, perosotan dll)
2. Nggak ada PR, nggak/belum diajarin membaca/nulis apalagi berhitung
3. Di kelas nggak cuma duduk dengerin/ikutin guru, kalau anaknya jalan�
dikelas atau melakukan aktifitas selain yg diinstruksikan guru, anak tsb
nggak dicap nakal.
4. Biayanya reasonable
5. Gurunya nggak gampang marah, sayang sama anak
6. Aktifitas utama nyanyi, main, main, main..........(nggak belajar..sama
kayak item no.2)
7. Dll (ntar dipikin lagi)

Please infonya....kalau ada daerah Bekasi, kl malang or cakung...yg daerah
lain jg boleh kok, buat refferensi..

Inget jaman TK-ku dulu, kayaknya puas lari�, guling� dirumput, nggak ada
PR...ada nggak yg moms/dads disini yg sama TK-nya (TK Kenanga di Roxy
Jak-pus)

Dini