From: Riski Harris [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, February 21, 2006 2:08 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] OOT-Sakit Ginjal

Saya Mau cerita panjang, mudah-mudahan nggak bosan dan jadi hikmah buat kita
semua agar lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan. Karena sehat itu
suaaaangat mahal harganya.

Semalam saya habis ngebesuk teman dari kantor lama. Dia perempuan 35thn
punya anak 1, yang sekarang duduk di kelas 1 SD.
Dia baru pulang paksa dari Rumah Sakit setelah +/- 1bln di rawat karena
Panas tinggi yang nggak tahu asalnya dari mana (komplikasi).
Sebenarnya beberapa tahun yang lalu, teman saya ini sudah mulai
sakit-sakitan karena ginjalnya bermasalah. Badannya bisa tiba-tiba bengkak
dan napasnya sesak kalau makannya mulai tidak terkontrol. Awal problem
ginjal ini dimulai dari remajanya yang sering sekali mengkonsumsi obat
p*****x. Pusing sedikit minum obat ini. Sakit waktu haid juga langsung minum
obat ini.

+/- 3thn yang lalu keadaan ginjalnya tambah parah, sehingga dokter jaga-jaga
kalau dia harus menjalani cuci darah. Maka ditanamkanlah semacam slang (saya
nggak tahu namanya)ditangannya yang nanti diperlukan untuk keluar masuk
darah waktu cuci darah.
Ternyata keadaannya memang tambah parah. Beberapa bulan terakhir dia
terpaksa menjalani cuci darah. Seminggu 2 kali. Setiap kalinya min. 5jam.
Selama ini dia masih kerja karena statusnya yang single parent dan  harus
membiayai anaknya. Walaupun mesti keluar masuk RS, perusahaan memberi
kelonggaran buat dia.
1 bulan yang lalu, sedang sibuk-sibuk kerja di kantor, tiba-tiba badannya
panas ditambah menggigil. Dia langsung pulang dan besoknya dirawat di RS.
Di RS keadaannya tambah parah.Semua orang yang datang pasti nangis ngeliat
keadaannya. Dia bilang udah nggak kuat karena perutnya sakit banget (waktu
dipegang emang keras banget dan udah mati rasa kulitnya). Ibunya yang jagain
sampe nangis-nangis dan minta dia istigfar. Permintaanya juga udah
aneh-aneh, yang minta dipangku sama ibunya, minta digendong.
Kemaren siang karena nggak ada kemajuan, dia minta pulang walau mggak
dikasih dokter. Toh di RS juga nggak diapa-apain. Cuci darah udah nggak bisa
5jam lagi, paling banter 1.5 ~ 2 jam, karena badannya langsung panas dan
menggigil. Di infus udah pasti nggak boleh. Kalaupun sesak dia udah sedia
tabung oksigen sendiri. kalau panas udah bekal obat panas. Kemaren dia
resign dari kantornya, dan semua teman datang kerumahnya (termasuk saya
malamnya) karena dia akan pulkam ke Palembang hari ini jam 3 sore. Semalam
saya lihat keadaanya lumayan. Udah bisa ngobrol walau nggak lama-lama. Tapi
badannya masih panas 38C. Minum masih ditakar (cuma 2 gelas sehari semalam).
Tangan masih bengkak bekas ambil darah di RS tiap hari.
Semalam saya pegang, kulitnya keriput kayak orang tua, badan kurus kering,
buang air dan semua kegiatan dilakukan ditempat tidur. walau bisa jalan tapi
dia udah nggak punya tenaga. Saya berdoa untuk kesembuhannya. Ya Allah,
jadikanlah kesembuhan sebagai jalan terbaik bagi dia dan keluarganya. Amin
Barangkali ada rekan BA yang bisa berbagi info dimana bisa berobat untuk
sakit ginjal yang udah parah begini? Saya benar-benar prihatin memikirkan
keadaannya dan anaknya.

Terima kasih telah membaca cerita saya.
Riski