Mbak Farah,

  dulu bimo juga gak mau, dan memang mesti sabar dan siap mental sich buat
ngajak dia. pertama aku ajak dia belanja, beli sikat gigi, pasta gigi, sama
gelas lucu buat kumur-kumur, semuanya pilihan dia,  trus kita sama-sama taruh
di kamar mandi, aku bilang yang ini buat bimo, ini buat mama, ini buat papa.
kalau aku atau papanya sikat gigi, aku ajak dia, buat melihat saja, dan dia aku
beri sikat giginya buat dipegang. dari mulai masuk kamar mandi, aku udah
nyanyiin dia lagu yang iklan pepsodent tuch, kadang dia ngomel-ngomel, tapi aku
cuekin aja. tadinya dia nolak ikut, lama-lama kalau gak diajak sikat gigi, dia
ngambek.
  lama kelamaan dari cuma melihat, dia mulai kepengen naruh pasta gigi sendiri,
walaupun cuma dipegangin doang, tapi akhirnya dia minta disikatin, sekarang dia
sudah padai sikat sendiri, walaupun belum taat asas, tapi biarin aja dulu dech.
  aku juga punya buku cerita yang dia sangat suka, judulnya mahatar sakit gigi,
tiap malam aku bacain sama dia. ceritanya tentang macan yang giginya sakit
karena tidak sikat gigi.
  trus aku kasih reward ke dia, kalau sikat giginya 2 kali sehari, dia boleh
makan eskrim ,permen dan coklat. Kalau gak dua kali sikat giginya, dia gak
boleh makan itu. memang anakku ini baru aku kenalin sama permen coklat dan
eskrim waktu umurnya 3-4 th.
  sekarang kadang aku yang males nemenin dia sikat gigi, kadang udah ngantuk,
dia lupa sikat gigi, tengah malam bangun, dia minta sikat gigi, aduh rasanya
males banget dech.

  good luck ya

  regards
  vinty

Gabs <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Mbak Farah,

Coba deh waktu sikat gigi, di depannya ada kaca. Mbak Farah memberi contoh
(sikat gigi beneran), sambil Salma juga pegang sikat giginya dia...di depan
kaca. Biasanya anak suka ikut2an.

Atau yang biasanya suka aku lakukan sama anakku, aku yang sikatin giginya
dia dari belakang (posisi kita agak nunduk trus tangan kita beraksi) sambil
dia pegang gambar orang lagi nyengir..trus aku sambil cerita..."nih..kalo
aji rajin sikat gigi, nanti giginya bagus kayak si oom ini." Pokoknya kita
ngoceh sampai dia gak sadar kalo giginya lagi disikat.

Atau cara terakhir...cara pemaksaan...nah kalo ini dulu aku lakukan kalo
udah gak mempan cara2 di atas dan udah berhari2 gak sikat gigi...
Jari telunjukku dibalut pake kasa steril yang udah dicelup ke air
matang...trus badan sama tangan anakku dijepit sama kakiku (posisi badan
anakku lagi tidur di kasur, aku ada di atasnya). Trus mulai deh beraksi
sambil cerita ngalor ngidul supaya dia gak sadar kalo lagi disikat giginya.
Cara ini aku lakukan kalo tangannya dia suka ganggu tanganku. Tapi kalo lagi
gak, ya tangannya gak aku jepit.

Kadang cara ini suka berhasil suka gak...but so far, anakku minimal sikat
gigi sehari sekali sebelum tidur.

Hehehe...mudah2an berhasil ya...btw cara terakhir jgn dilakukan keseringan
ya...takut anaknya trauma.

Cheers,
Gaby

On 2/22/06, Farah Fitri wrote:

> Dear Moms and Dads.......
>
> Tanya lagi yah...., anakku Salma (1th 7bln) sampai dengan saat ini blm mau
> sikat gigi, pdhal makannya udah segala macem masuk.. spt coklat dll....
> udah saya kasih coba sikat yg karet, pake jari gak mau, sikat lucu2 kodomo
> (maaf sebut merk) juga gak mau.....
> trus kalo mandi bareng saya, saya kasih contoh sikat gigi sambil becanda
> juga masih gak mau (dgn maksud dia akan niru yg saya lakukan).... duh ..
> minta bantuan parents yaaa gimana cara en solusinya yg terbaik..
>
> soalnya saya liat di gigi depannya udah mulai muncul kuning2.... (kdg saya
> [...]

 Yahoo! Mail
 Use Photomail to share photos without annoying attachments.

Kirim email ke