From: mama kavindra [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, March 15, 2006 08:14
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Batuk dan Pilek

Pak, saya coba bantu yahh...
Klo smp 37 der sih blum demam... blm perlu penurun panas..

Batuk pileknya  ditreatment aja pake uap sendiri di rumah... ushkan ruangan
lembab... klopun ntar batuk smp muntah sih gpp (emg sih ga tega ngeliat bay
muntah2) but muntah kan utk ngeluarin dahaknya

Klo emg divonis radang tenggorok.. apa penyebabnya... udah uji usap
tenggorok blum... klo blum sebaiknya hentikan penggunaan AB (amoxan-
nya..) segera uji usap tenggorokan di lab
AB baru berfungsi klo udah terbukt pd uji usap tenggoroknya ada infeksi
bakteri....
Klo radang tenggoroknya krn virus emg bs sembuh dg sendirinya sesuai
daya tahan masing2 anak... so, perbanyak aja ASInya

Utk puyer.... Kudu perlu tau apa aja isinya..krn nehhhh logikanya sbuah
pabrik farmasi tuh dg sedemikian rupa melakukan penelitian utk mendpt 1
formulasi obat.. plus dg memperhatikan efek sampingnya.. lh klo obat
dicampur-campur lebih dr 1 jenis apa kan jdnya campur bawur ga karuan
yah...

Ttg obatnya yah... aku ada arsipnya dr medicastore nihhh
MUCOSOLVAN*
mucosolvan : buat obat batuk.. dimana menurut who tidak ada yang
namanyaobat batuk.. ekspektoran paling ampuh adalah air putih hangat..
*GENERIK *
Bromheksin HCl.
*INDIKASI *
Batuk yang berhubungan dengan iritasi yang berlebihan pada mukosa
saluran pernafasan & produksi dahak yang kental.
*PERHATIAN *
Ulkus peptikum.
*EFEK SAMPING*
Mual, peningkatan sementara nilai transaminase dalam serum.

So, cara aman utk ngeluarin dahaknya ya pake terapi uap sendiri di rumah..
klo misalnya babynya punya penyakit ASMA bs fisioterapi di RS...
Klo tersumbat hidungnya tetesin aja pake breathy yg isinya cairan NaCl alias

garam murni

Smoga membantu yah, Pak
balita-anda] Batuk dan Pilek
Hardiandika.P
Mon, 13 Mar 2006 22:58:17 -0800

Dear smart parents,

Assalamu'alaikum....
Anak saya umur 5,5 bulan, berat badan 8,6.....sudah beberapa hari ini
pilek + batuk dan rada hangat badannya (tertinggi sampai dengan 37
derajat). Kemudian saya bawa ke dokter anak, dan dokter anak megatakan
bahwa anak saya radang tenggorokan. Yang ingin saya tanyakan....:

1.      Dokter memberikan amoxan ...(ini obat antibiotik
yah...??)...Saya jadi bingung nih....saya baca di artikel  "radang
tenggorokan, sama sekali tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik
"...gimana yach...?
2.      Dokter juga ngasih puyer racikan....bagus gak sih kalo anak
minum obat dengan puyer...karena ada yang bilang tidak baik......
3.      apakah radang tenggorokan itu akan sembuh sendiri...?
4.      trus juga ada batuknya.....dokter ngasih MUCOS DROP....katanya
buat ngeluarin dahaknya.....bagus gak yach...??

Saya mohon informasinya dari smart parent.....sebelumnya terima kasih
banyak

Wass,
Papanya Muhammad Hilmi Pasha Pranotosetyo
http://www.babiesonline.com/babies/h/hilmi/

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com