Mbak Indri...

imunisasi varisella itu utk perlindungan thd cacar
air...
ternsk jenis vaksin hidup n emg bisa simultan dg
MMR..klo drIDAI sih sarannya utk anak 10 th but banyak
juga DSA yg memberikan utk anak di atas 1 th...
Knapa demikian krn penyakit cacar air itu sifatnya klo
1 kali kena akan kebal seumur hidup thd penyakit cacar
air ini asalll tiadak ada gangguan pd sistem
imunnya....

Dan penyakit cacar air ini ringan2 aja kok..
Berikut aku smpkan artikel ttg vaksin varisella ini :

http://64.233.167.104/search?q=cache:uO3xR2taZ5kJ:www.aventispasteur.co.id/produk_act_okavax_md.htm+vaksin+ppd&hl=id

OKAVAX. Mengandung virus varisela-zoster hidup yang
dilemahkan (strain Oka). Setelah penambahan 0,1 w/v %
sodium L-glutamate sebagai stabilisator, 7 w/v %
sukrosa yang dimurnikan, 0,32 w/v % sodium chlorida,
0,008 w/v % potassium chloride, 0,08 w/v % potassium
dihydrogen phosphate, suspensi virus kemudian
diliofilisasikan. Medium BME yang digunakan untuk
biakan sel mengandung tidak lebih dari 10 mcg/ml
kanamisin sulfat dan tidak lebih dari 3 mcg/ml
eritromisin laktobionat sebagai antibiotika. Potensi
dari vaksin, terlarut dalam pelarut, tidak kurang dari
1000 PFU/ 0,5 ml. 0,7 ml air suling untuk injeksi
(Japanese Pharmacopoeia) per vial sebagi pelarut.

INDIKASI.
Perlindungan terhadap varisela.
DOSIS DAN PEMAKAIAN.
Vaksin ini dilarutkan dengan 0,7 ml pelarut (air
suling untuk injeksi, J.P.) dan biasanya satu dosis
(0,5 ml) disuntikkan secara subkutan (informasi
referensi). 1. Vaksin ini sebaiknya disuntikkan pada
pasien usia di atas 12 bulan tanpa riwayat varisela,
dan memenuhi persyaratan berikut : 1.1. Pasien
berisiko tinggi dimana varisela dapat membawa akibat
yang serius (a.l. pasien dengan tumor ganas seperti
leukemia akut, penurunan imunitas akibat pengobatan,
dan mereka yang dicurigai mengalami penurunan
imunitas). 1) Persyaratan berikut harus dipenuhi pada
pasien dengan leukemia limfatik akut : (1). Remisi
telah dicapai selama tidak kurang dari 3 bulan; (2)
Jumlah limfosit tidak kurang dari 500/mm3; (3) Reaksi
positif terlihat pada tes kulit tipe “delayed”
menggunakan derivat protein yg dimurnikan (PPD)
dinitroklorobenzen (DNCB) atau fitohemaglutinin (PHA,
5 mcg/0,1 ml); (4). Semua obat selain 6-merkaptopurin
sebagai kemoterapi dihentikan tidak kurang dari 1
minggu sebelum penyuntikan, dan dilanjutkan tidak
kurang dari 1 minggu setelah penyuntikan; dan (5).
Penyuntikan sebaiknya dihindari selama terapi
reinforcement untuk leukemia atau terapi luas yang
memiliki efek imunosupresif kuat seperti radioterapi.
2) Penyuntikan terhadap pasien dengan tumor ganas
padat dapat dilakukan jika pertumbuhan tumor dihambat
dengan operasi atau kemoterapi. Persyaratan untuk
leukemia juga berlaku untuk pasien ini. 3) Suntikan
vaksin ini tidak direkomendasikan untuk pasien dengan
leukemia mielogen akut, Leukemia T-cell atau limfoma
ganas karena gejala klinis mungkin terjadi dan titer
antibodi diperkirakan tidak meningkat secara
signifikan pada pasien ini, yang umumnya menunjukkan
imunodefisiensi sekunder disebabkan oleh penyakit yang
dideritanya atau obat-obatan yang diberikan dalam
perawatan terhadap penyakit ini. 1.2. Pada kasus
tertentu, mereka yang sedang menjalani perawatan
dengan obat-obatan seperti ACTH dan kortikostroid
untuk nefrosis dan bronkitis berat, penyuntikan
dilakukan hanya jika kondisinya stabil. Tes kulit tipe
“delayed” sebaiknya dilakukan sebelum penyuntikan bila
imunodefisiensi seluler sekunder dicurigai karena
obat. 1.3. Bahkan jika kriteria di atas tidak
dipenuhi, penyuntikan bisa dilakukan pada kasus
emergensi, pada kasus bila pasien leukemia yang rentan
melakukan kontak dengan seorang pasien varisela dan
zoster imunoglobulin (ZIG) tidak tersedia, kecuali
dimana kompetensi imunologis sangat menurun (hitung
limfosit kurang dari 500/mm2). Data klinis menunjukkan
bahwa dalam situasi ini gejala-gejala karena varisela
alamiah adalah jauh lebih berat dan berbahaya daripada
kemungkinan reaksi samping dari vaksin. Pada kasus
ini, penyuntikan sebaiknya dilakukan dalam 72 jam
setelah kontak. 1.4. Individu rentan yang selalu
kontak dengan pasien berisiko tinggi, sebaiknya juga
memperoleh vaksin ini agar risiko terinfeksi varisela
lebih kecil. Disini termasuk anggota keluarga dan
orang yang merawat pasien tersebut. 1.5. Orang dewasa
yang rentan varisela terutama yang berhubungan dengan
pasien juga sebaiknya menerima vaksin ini karena
varisela umumnya lebih berat pada orang dewasa.
Vaksinasi juga diindikasikan untuk perempuan untuk
pencegahan terhadap varisela selama kehamilan. 1.6.
Vaksin ini dapat juga berguna untuk pencegahan atau
pemutusan penyebaran cacar air dalam komunitas yang
rapat seperti rumah sakit, asrama sekolah.
Artikel lainnya blum ketemu nehhh fileku baru rada
berantakan nehhh gara2 kompi di-inul alias dinstall
ulang..
So, klo emg mau skalian vaksinasi varisella n MMR
monggo aja..
About Terrible Two.he..he..he... klo aku sih yg aku
jdiin pegangan smakin dilarangnehhh anak smakin nekat
melakukannya...
So, mendingan kita sabar2 aja deh ngadepinnya n jgn
pake kekerasan..pasti lebihhhh nekattttssss tu
anaknya..

Segini dulu yah sharingnya...
--- "o.kel.indriyanih" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear : Moms n Dads,
>
> Mau ikutan tanya ya..imunisasi Varicella itu apa
> ya....bisa dijelaskan or
> mungkin ada artikelnya....
> Klo aku baca dari email2 sebelah, katanya bisa ya di
> simultan dengan
> MMR...soalnya My Najla (15Mos14day) minggu depan
> rencananya mo MMR jadi mo
> sekalian ma Varicellanya juga klo memang
> penting.....
> Satu lagi SPs My Najla sekarang ini, klo ada ga
> berkenan sama dia pasti dia
> suka teriak2 gitu n yang paling bikin kami semua
> kaget dia suka "maaf"
> [...]

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com