Secara logika saja (CMIIW)
Kalau kita lihat sekarang para dokter rata-rata menyarankan untuk langsung
Operasi atas kelahiran anak kita, ada yang katanya "mampet gak mau keluar",
pinggul kecil, dan lain sebagainya, padahal kalau kita lihat dulu-dulunya
sewaktu zaman ibu/ nenek kita melahirkan kita jarang sekali yang dinamakan
operasi, toh anaknya juga keluar dengan selamat sentosa.

Kalau menurut saya alasan mengapa bisa seperti itu adalah
1. Dulu kemungkinan orang tua kita tidak menggunakan pembantu, sehingga
semua dikerjakan sendiri, menyapu, mengepel, padahal kalau senam hamil kalau
gak salah ada saran untuk jongkok berdiri (sama seperti mengepel)
2. Dulu gak ada mesin cuci, sehingga mereka terpaksa nyuci baju sendiri
3. Dulu kendaraan gak banyak, sehingga kemana-mana lebih dominan jalan kaki
dan banyak lagi "olah raga" yang dilakukan oleh ibu-ibu dulu yang sekarang
sudah jarang dilakukan. (gak semuanya gitu lho), sehingga mereka lebih
cenderung mudah dalam melahirkan.

Kita lihat sharing dari ibu Mei ini, beliau rajin naik tangga, jalan dan
lain sebagainya, sehingga sewaktu melahirkan jadi lebih gampang, saya rasa
ini justru lebih masuk akal daripada sharing mengenai mengkonsumsi RJ dan
CRP yang "katanya" bisa mempermudah dalam melahirkan. Sama juga seperti yang
dikatakan Pak Iwan, logikanya dari mana, kok mengkonsumsi kedua produk
tersebut bisa mempermudah melahirkan

Sorry kalau ada yang kurang berkenan

Salam
Tommy