mungkin perlu diingat juga..
dulu, sebelum operasi caesar dikenal.. tingkat kematian ibu melahirkan dan
bayinya cenderung tinggi..
berbeda dengan sekarang..
waktu hamil, saya juga banyak bergerak, naik turun tangga, jalan, senam
hamil, dsb..
kebetulan saya termasuk orang yg ga bisa diam untuk waktu yg cukup lama.. :D
tapi ternyata, tetap saja harus operasi.. karena tidak sesuai dugaan, bayi
saya terlilit tali pusat sehingga cuma bisa mencapai bukaan 9 dan ga bisa
maju2 lagi.. kalo diterusin (dipaksa mengejan), ada kemungkin ibu dan
bayinya meninggal..

jadi menurut saya sih.. mau normal atau caesar sama saja.. yg penting ibu
dan bayi bisa diselamatkan..
lagian, baik normal atau operasi sama saja sakitnya koq.. :))

mohon maaf juga kalo ada yg ga berkenan..

salam,
ummu Jihan

ps. koq bahasannya jadi ga sesuai ama judul subject email yaa.. hehehehe..