Hi mbak Hani,

Jangan dulu cemas mbak .... BAB keras dan baby ('ngeden' banget) bisa
membuat area sekitar lubang dubur baby jadi luka. Ini yang kadang
menyebabkan feses jadi 'tersamar' darah atau 'warna merah' ... bisa buat
babynya nangis atau nggak nyaman.
Ingat-ingat lagi selama beberapa hari ini menu makanan Daffa mungkin urang
serat.

Minta tolong BS-nya Daffa untuk tetap observe .... seharusnya sih sekarang
sudah nggak ada lagi darahnya. Atau nanti saat BAB lagi (yang perlu
'ngeden'), warna tinjanya akan kembali normal.

Daffa sudah mulai makan MPASI kan, sering2 aja selingi dengan air putih
kalau dia sedang makan solid foodnya.  Jangan lupa konsumsi buahnya setiap
hari.  Menu MPASI yang selalu ada option makanan/minuman serat tinggi,
konsumsi air putih akan banyak bantu Daffa supaya nggak terulang lagi BAB
keras dan berdarahnya.  Setelah pengenalan MPASI, idealnya memang dalam 1
hari baby bisa BAB, supaya tidak perlu mengalami BAB keras, kecuali kalau
memang pola BAB-nya jarang (2-3 hari sekali baru BAB, tapi fesesnya keras).

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena

On 4/3/06, Nurul Zehani <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> barusan aku telp ke rumah , BS ku bilang Daffa Pup nya ada darahnya pas
> baru keluar,tadi PUP nya ngeden banget.
>
> <deleted>

Kirim email ke