Dear mbak dewi,
mungkin bisa juga zahra ada alergi mbak, alief (2,5
tahun) sejak bayi sudah didiagnosis ada alergi, waktu
usia dia bayi aku belum tahu jenis alergi apa, seiring
waktu dan aku amati alief, baru aku tahu jenis2
makanan atau suasana yang bikin alief alergi (dia
alergi seafood, udara dingin dan debu). Biasanya aku
observasi dulu, tidak langsung aku kasih obat kecuali
sudah sangat parah misalnya sesak nafas, trus gatal
yang sangat.

Treatmentnya pencegahan pencetus alerginya mbak, namun
sesekali selang beberapa bulan dicoba lagi,
alhamdulillah Alief sekarang sudah tidak alergi,
seafood lagi.

Belum lama alief sudah 3 bulan pilek gak baik2 karena
ya itu musim hujan jadi yahhh meler terus hidungnya.
Aku cuma treatment nacl bila mampet, balurin vicks
kalau bobo, dan sering dijemur bila datang panas pagi.
Alhamdulillah sekarang seiring jarangnya hujan alief
sudah agak baikan pileknya.

Fitriani
Sekretariat Ditjen Kerjasama ASEAN
Departemen Luar Negeri