sebetulnya memang cara yang paling aman ya turunin kasurnya...  kalau aku
sendiri, Ara sempat jatuh dari tempat tidur dua kali..dan dua duanya karena
terlalu excited bermain lantas berguling ke pinggir, kurang cepat ketangkep
aku ya.. jatuh..., untungnya jatuhnya 'mendarat' dengan mulus jadi 'ngga
terlalu nangis...

Ara sejak udah bisa merambat, aku ajarin turun dari tempat tidur... caranya
setiap bermain dan dia ingin turun dari tempat tidur, kalau udah sampai
pinggir aku tahan, dan aku tunjukin dia supaya putar arah, kemudian kakinya
aku tarik satu persatu, sampai menginjak lantai.... hal ini terus menerus
aku praktekin, dan akhirnya waktu Ara udah mulai jalan sendiri, dia udah
pinter turun dari tempat tidur sendiri.....

mungkin bisa dipraktekin juga???

jangan lupa taruh bantal disekeliling tempat tidur.. kalau punya bantal2
santai gede (yang biasa buat nonton tv itu loh), boleh juga ditaruh
dilantai sekitar tempat tidur, in case kalau anaknya jatuh, paling 'ngga
masih ada tempat yang empuknya....

btw, tips ngajar anak turun dari tempat tidur ini aku dapetin dari milis
ini juga lohhh...

-  cheers  -
Bunda Ara

                      "Wanda Manoppo

                      (HRD, AGS-HO)"           To:      [EMAIL PROTECTED]

                      <[EMAIL PROTECTED]         cc:

                      >                        Subject: RE: [balita-anda] ANAK JATUH
DARI TEMPAT
                                               TIDUR

                      07/11/2003 02:15

                      PM

                      Please respond

                      to balita-anda

Anak saya juga 10 bulan .......tp sejak dia usia 8 bulan kita udah tidur
tanpa ranjang, alias melantai dg karpet en kasur aja......
itu aja ampe sekarang kalo' pagi saya udah nemuin dia di karpet atau udah
di
ujung kasur....
akhirnya sekarang  kalo' kasurnya kita kelilingi dg bantal en guling.......
kalo' jatuh ampe muntah apa gak sebaiknya di cek ke dsa-nya?