From: Indah Hapsari Dewi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, July 16, 2003 11:31 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] CTG

Check CTG itu penting pak apalagi kalau usia kandungan udah tua menjelang
kelahiran(kira-2 usia 37-40 minggu), manfaatnya untuk merekam detak jantung
bayi. Pengalaman saya, pada waktu kontrol dokter usia kandungan saya 38
minggu, dan melakukan cek CTG, hasilnya ternyata detak jantung bayi saya
kurang responsif, jadi di hasil rekaman jantungnya selama beberapa menit tdk
fluktuatif, bahkan hampir flat. Oleh dokter disuruh cek ulang CTG hari itu
juga sampai 2 kali, dan hasilnya sama, akhirnya dokter memutuskan untuk
mengeluarkan bayi saya malam itu juga melalui SC.
Alhamdullillah untung waktu itu jadwal kontrol saya, kata dokter kalau
terlambat sedikit saja bisa berakibat fatal.