sama halnya dg batuk/pilek, gondongan umumnya disebabkan oleh virus dan akan
sembuh sendiri seiring meningkatnya ketahanan tubuh penderita.
sebaiknya istri Bapak tetep berusaha mempertahankan asupan makan/minum
selama sakit.
dan istirahat yg banyak.
obat yg dibutuhkan hanya penurun panas dan pereda nyeri, macam Parasetamol.

biar cepet sembuh, diyakinin buat banyak maem/minum yo Pak.
bilang, kl gak makan/minum, gondongnya bisa betah sampe 3mg.
suami aku dari mulai demam tinggi, sampe mulai bengkak dan kempes cuma 1mg
aja.
coz, aku telatenin [paksa dink] buat tetep makan/minum 3x sehari dan banyak
tidur [gak usah kelayapan dulu].
mandi pake air hangat [skalian buat nurunin demamnya].
makan/minum jgn yg terlalu beraroma dan keras [spt goreng2an].
yg serba lembut dulu aja.
bubur ayam, bubur sumsum, bubur manado [tapi gak usah pedas], es krim dan
air dingin biasa [air es kadang bikin tenggorokan juga perih].
buat bengkak gondongnya, bapaknya aja yg ngelusin, biar lbh cepet kempes.

hehe, ini sharing ala BA....peace...[artikelnya aku kirim japri yah]