Dear Netters,
Anak saya Afiq (laki2x), sudah 5 hari ini BABnya 3-4 x sehari. Waktu BAB
fesesnya agak encer tapi masih ada ampasnya. Sebelumnya hanya 1-2 x sehari
dan bentuknya sedikit agak padat. Kami sudah ke DSA & dikasih obat mencret
Parolit yg hanya diberikan jika mencret.

Konsumsi Afiq sebelumnya bubur produk kemasan, biskuit dan variasi buah
pisang, alpukat, jeruk. Kemudian Ibunya memberikan bubur saring dengan
campuran : beras dari nasi yg sudah dimasak, kaldu daging sapi, bayam,
garam. Pernah juga campuran : beras/nasi, keju & wortel.

Kondisi Afiq nampaknya sehat saja. Dia selalu ceria, bercanda, kadang2x juga
menangis layaknya bayi pada umumnya. Afiq sekarang 6 bulan 20 hari, BB 8.9kg
TB 73cm. Kondisi Ibunya juga sehat. Tapi memang seminggu yl ibunya sempat
kena radang tenggorokan. Saat ini Afiq masih diberi ASI eksklusif.

Saya coba mengamati beberapa kemungkinan penyebab BABnya yaitu :
1. Ketularan virus dari Ibunya yg pernah kena radang tenggorok.
2. Kaldu daging waktu dimasak tidak dicampur air mineral matang.
3. Minuman air mineral Afiq mungkin tercemar. Biasanya setelah makan, ibunya
memberi air putih mineral biasa.
4. Usus pencernaan Afiq belum terbiasa dengan makanan baru/belum cocok.

Mohon pencerahannya dari para netters dari pengamatan saya di atas atau ada
penyebab yang lain.

Terima kasih,
Rizki Prasetya
(Ayahnya Afiq)