Dear Ayah - Bunda,

Mohon bantu advisenya dong, putri pertama saya (Lulu usianya baru 1thn) selalu
mengalami muntah2 sejak 2 bulan kelahirannya hingga sekarang setahun usianya,
hampir setiap hari minimal sekali pasti lulu muntah, awalnya dulu saya kira
hanya gumoh atau mintar biasa yang sering terjadi pada bayi, tapi saat bernafas
juga terdegar seperti suara mendengkur, sudah saya bawa konsul ke beberapa
dokter spesialis anak (ke Prof juga sudah), termasuk dokter spesialis THT
(karena saya fikir mungkin saja penyedotan diawal kelahirannya kurang optimal,
mungkin masih ada lendir2 yang tersisa) , tapi menurut dokter2 tsb itu biasa
terjadi pada bayi, tidak ada efek apa2, tidak perlu khawatir, ada yang bilang
akibat alergi, dan ada juga yang bilang akibat virus, sedangkan dokter THT
tersebut mengatakan tidak tahu apa penyebabnya mengapa Lulu muntah2 (saat itu
sudah usia 6 bln). Tapi sampai sekarang hingga lulu setahun saya belum juga
menemukan solusi / pengobatan yang tepat buat Lulu, karena muntahnya masih
tetap terjadi setiap hari walaupun dengkuran pada nafasnya sudah hilang,
Muntahnya itu bisa saja tiba2, pernah terjadi saat lulu tidur pulas, saat
terbatuk, saat tak beraktifitas apapun, atau setelah habis menyelesaikan makan
atau minum susunya, kalau muntah kadang sampai ikut keluar susu dari hidungnya
dan setelah itu Lulu terlihat keletihan dan tak berdaya. Hingga setahun ini
menurut Dokter perkembangan tubuhnya baik2 saja. Berat Badannya 8.7Kg,
tingginya 80, anaknya aktif banget hampir tidak ada waktu untuk diam dan tenang
kecuali saat tidur. Hingga setahun ini Alhamdulillah Lulu tidak pernah
mengalami sakit apapun, tapi saya sangat khawatir mengapa Lulu terus2an muntah
setiap hari hingga berat badannya pun belum mencapai ideal.
Dear Ayah-bunda, tolong beri saya masukan dong, saya harus bagaimana dan
kemana, saya benar2 panik menghadapi putri saya yang muntah2 setiap hari, saya
takut muntah2 itu akan menjadi penyakit apa, soalnya sudah setahun loh.
Maaf ya kalau curhat saya kebanyakan, abis saya panik (umur saya 26 tahun dan
masih sangat kurang pengalaman dan pengetahuan akan balita) dan khawatir
banget..., Terima kasih sebelumnya untuk semua

Regards & Thanks A Lot
Dian ( Mama Lulu )