Pak Veri,

Pada intinya sih, ikuti yang baik saja. Yang penting bayi dan ibu sehat.

Dalam keluarga pasti punya ritual2 sendiri. Ambil yang baik2 aja. Maksudnya
enggak boleh nonton TV ato baca buku mungkin supaya saat bayinya tidur,
ibunya ikut tidur juga. Bayi biasanya sensitif banget dg perasaan ibu dan
suasana sekitarnya. Mungkin juga maksudnya enggak boleh nonton TV supaya
suasana enggak gaduh kali.

Larangan potong kuku dan rambut, saya rasa sih enggak beralasan. Kalau ibu
bersih, seger, bayinya bukan ikut sehat juga ya?

Seperti pantangan mencuci rambut selama masa nifas. Dulu mertua saya udah
wanti2 soal ini. Demi menjaga perasaan mertua, saya keramas aja diem2
langsung dikeringin, jadi mertua enggak tau.

Yang paling penting Pak. Setelah melahirkan, ada beberapa ibu yg mengalami
Baby Blues. Dukungan suami penting banget pada masa ini. Apalagi pada masa
ASI mulai keluar, suami yg bijak harus selalu siap mendukung sang Ibu. Pasti
Bapak mau buah hatinya mendapatkan ASI kan?

Jadi daripada Bapak kepikiran mitos2 seputar masa nifas, mendingan dari
sekarang cari masukan aja tentang menjadi Breastfeeding Father.

Salam,
Melisa