dari milis sebelah

-----Forwarded Message-----
From: Kusmayanto Kadiman <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED]
Cc: ITB 73 <[EMAIL PROTECTED]>, lulusantf itb <
[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [Itb75] Mohon Klarifikasi
Date: Wed, 19 Jul 2006 13:00:16 +0700

Tks Mac.

Sebagai Rektor ITB memang saya mengikuti hampir semua milis karena
kepentingan ITB. Kini saya atas permintaan sendiri minta dikeluarkan.
Saya pilih dan pilah milis yang saya ikuti.

Berita tsb menurut hemat saya salah kutip.

Saya mengatakan bahwa secara legal hanya BMG yang punya otorisasi
memberi informasi & peringatan dini baik ke instansi2 terkait di
Jakarta, Provinsi, Kota & Kabupaten serta media. Dan, jika kita rajin
nonton TV atau denger radio pasti kita mendapat update info itu dengan
baik. Bu Sri Woro, Ka BMG dan staf sangat aktif menyampaikan dan mejawab
pertanyaan yang sampai ke BMG, dengan berbagai cara: tilp, sms, surat,
tatap muka dsb (kecuali telepati he he he).

BMG terhubung dengan baik ke JMA (Japan Metereological Agency dan
Pacific Warning System) sehingga setiap info langsung (online &
realtime) saling dipertukarkan. Jika info ini dipandang penting &/ perlu
oleh BMG maka tentu didiseminasikan. Peringatan potensi bahaya tsunami
juga sempat dikumandangkan walaupun tentu tidak cukup waktu untuk
diterima dan dimengerti oleh setiap insan di daerah2 rawan bencana.

Saya dan juga anda semua secara proaktif juga bisa mendapatkan info
tersebut dari badan2 dunia seperti JMA, NOAA dll untuk dapat info yang
selalu mereka update, around the clock. Dari JMA saya dapat info (NB.
Saya sedang transit di Changi) bahwa 18 menit setelah gempa yang besar
(6.8_SR, 1_MMI.. jangan tanya apa ini agar tidak terlihat bodoh !) di
selatan Pulau Jawa, beberapa threshold levels (yang menunjukan potensi
tsunami) sudah terlampaui. Saya kontak ke kawan-kawan BMg dan mereka
juga dan mereka juga well informed dan telah diseminasikan infonya ke
via Pushed_SMS dan media.

Tadi pagi saya 30 menit (8 - 8.30) lebih bicara di Elshinta dan juga
menjawab beberapa pertanyaan via tilpun & sms.

Tantangan kita yang terbesar adalah menyampaikan informasi yang benar
pada orang yang tepat ditempat yang tepat dan pada saat yang tepat.

Tadi malam, kantor berita Jepang juga menghubungi saya tentang kutipan
dari AP tersebut.

I listen, I learn & I change,
KK