Mbak….
Saluttt dah klo emg pengen nyusuin lagi.. istilahnya
Laktasi Mbak… (baca artikel di bwh yaks)

Biar anak  mo nyusu lagi sihh klo bisa kurangin ddeh
pelan2 susu formulanya.. pemberian ASI bisa macem2 klo
anak terbiasa pake dot (udah terlanjur gitu) kadang
nolak nenen lsg.. so jln satu2nya  pd awal ya diperah
ASInya n dikasihin pake dot… sambil2 pelan2 dirayu
biar mau nenen lsg…

Asi sifatnya deman n supply so smakin banyak
dikluarkan smakin vanyak pula produksinya..

About dampak susu formula sihh jeleknya klo ga cocok
babynya bs sembelit… or malah mencret2..

So ushin deh klo emg mau ya relaktasi aja… klo perlu
konsultasi aja ke klinik LAKTASI terdekat..

Smoga membantu
Uci mamaKavin+

Diambil dari Seri Ayahbunda : ”Kiat-kiat sukses
menyusui”

RELAKTASI

Kadang ada ibu menyusui terpaksa menghentikan
pemberian ASI kpd bayinya
selama rentang waktu tertentu karena berbagai alasan.
Misalnya saja, si
ibu menderita sakit yg membutuhkan tindakan operasi
atau harus pergi ke
luar negeri untuk waktu cukup lama. Setelah beberapa
waktu ibu teb ingin
menyusui kembali bayinya. Untuk itu ibu dapat
melakukan upaya menyusui
kembali yg dikenal dg istilah RELAKTASI.

Perlu diketahui selama masa "istirahat" dari kegiatan
menyusui, produksi
ASI mungkin menjadi jauh berkurang atau bahkan
terhenti. Nah pada saat
sang ibu hendak menyusui kembali, tubuhnya, terutama
seluruh organ yg
terlibat dalam proses produksi ASI, membuthkan waktu
untuk "mempersiapkan
diri" agar dapat bekerja kembali memproduksi ASI.

Sehubungan dg masa "persiapan" organ ASI, ada beberapa
hal yang perlu
diingat, yaitu tiap wanita membutuhkan waktu yg
berbeda untuk menghasilkan
ASI. Mungkin ada beberapa ibu yg membutuhkan waktu
beberapa hari saja
untuk memproduksi ASI secara optimal. Tetapi bila sang
ibu berhenti
menyusui untuk waktu yg cukup lama, maka biasanya
perlu waktu antara 1-2
minggu agar produksi ASI kembali spt semula.
Selain itu, biasanya akan lebih mudah dan lebih cepat
bagi tubuh untuk
menghasilkan ASI kembali, bila si kecil masih berumur
kurang dari 2 bulan
dibandingkan bila si kecil sudah berumur lebih dari 6
bulan.

Jadi motivasi yang sangat kuat dari ibu, ditambah
dengan perangsangan thd
payudara secara rutin oleh bayi melalui isapannya,
akan membantu
mempercepat produksi ASI.  Intinya jangan putus asa !

Tips agar berhasil dalam relaktasi

Sebelum memutuskan untuk melakukan relaktasi,
sebaiknya bertanyalah pada
diri anda sendiri.
Apakah anda merasa bahagia dan puas jika si kecil
mendapatkan zat gizi
terbaik dari ASI daripada formula? Atau apakah anda
memiliki alasan
lainnya ? Jujur pada diri sendiri mengenai motivasi
untuk melakukan
relaktasi sangat menentukan keberhasilan anda dalam
menyusui kembali si
kecil. Perhatikan hal-hal berikut

1.  Bersiap-siaplah untuk menghadapi stress yg mungkin
anda akan alami
pada minggu2 pertama relaktasi. Biasanya pada
minggu2 pertama ASI yg
anda hasilkan masih sangat sedikit jumlahnya & tidak
sebanding dg
kebutuhan si kecil. Akibatnya bisa saja si kecil
rewel.

2.  Mintalah dukungan mental dari orang-orang terdekat
di sekitar anda,
selain pasangan anda. Misalnya, teman anda yg pernah
berhasil melakukan
relaktasi, dokter, konsultan laktasi, dsb.

3.  Akan lebih mudah melakukan relaktasi jika umur si
kecil sekitar 4-6
minggu daripada umur 3 bulan.

4.  LAtihlah si kecil untuk melakukan stimulasi pada
puting susu anda dg
cara membiasakan ia  mengisapnya. Sekalipun ASI anda
belum keluar atau
sudah keluar tapi masih sangat sedikit ! Bila perlu
gunakan nursing
supplementer (alat berupa kantung dari plastik yg
dikaitkan di BH atau
digantungkan pada leher ibu yg akan dialirkan melalui
selang kecil ke
mulut bayi).
INGAT ! Stimulasi terus menerus pada payudara anda
oleh si kecil akan
mempercepat produksi ASI anda.

5.  Susuilah si kecil secara teratur dan sesering
mungkin sesuai keinginan
si kecil. Lakukan pemijatan & pemerahan pada payudara
anda untuk membantu
menstimulasi produksi ASI.

6.  Tingkatkan konsumsi protein dan cairan dalam menu
makan anda untuk
membantu mempercepat tubuh dalam memproduksi ASI.
-inAnakPertamanya.

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com