Dear Ayah dan Bunda,

Saya mengucapkan terimakasih banyak atas semua sumbangan
sharingnya....Alhamdulillah sekarang Dito udah sembuh...

Berikut adalah summarynya...semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Mamanya Anandito

                      Lilis Suryawati          RE: [balita-anda] Diare

                      <[EMAIL PROTECTED]

                      ii.com>

Dear Mbak Dini,

Jangan dikasih kunyit Mba, kasih saja kopi pahit dan putih telur asin
rebus.
Minum obat kaopectate dan nifural. Minum susu free lactosa.

                      bahama fans              Re: [balita-anda] Diare

                      <[EMAIL PROTECTED]

                      oo.com>

Mbak Dini,
wah gak tahu ya
yang jelas diare pada bayi dan anak itu kebanyakan karena virus. Justru
jangan kasih antibiotik. Antibiotik malah bisa memperberat diarenya. Coba
deh liat buku2 obat selalu dibilang efek samping antibiotik itu antara lain
mules dan diare. Soalnya emang aslinya usus kita kan penuh kuman tapi kuman
yg baik yg justru dibutuhin sama badan kita buat mencerna makanan yg kita
makan.
Yang penting - jaga jangan sampai anak kita dehidrasi. Kalau diarenya
banyak mending kasih pedialit. kalau anak agak besar gak doyan pedialit,
kasih aja pocari sweat.
Makan biasanya kurang nafsu, gak usah khawatir amat, yg penting cairan -
apapun bentuknya. makanan juga kasih yg ringan, bubur, roti, apa kentang.
sayuran hentikan dulu sementara juga yg berlemak. Begitu nasehat DSA ku.
Sori ya jawabanku justru bukan soal air kunyit.
Narasati

                      bahama fans

                      <[EMAIL PROTECTED]

                      oo.com>

Mbak yang baik
kalau boleh urun rembug
kata DSA ku, kebanyakan anak dan bayi itu diare karena virus. kedua, diare
itu justru mekanisme badan buat buang virus atau kuman dan racun2nya. jadi
diare akan berhenti kalau semuanya sudah dibuang. Yang penting minum atau
cairan biar gak dehidrasi.
Aku baca nifural itu kan semacam antibiotik dan bukannya gak ada efek
sampingnya. kalau masih diare 3 hari periksa aja tinjanya/
Kalau aku buka internet untuk bayi diare - gak ada tempat utk pemakaian
kaopectate dan nifural.
kalau mau kasih air tajin sih oke2 saja
Mudah2an berguna
Narasati

                      Yetty Herawati

                      <[EMAIL PROTECTED]         RE: [balita-anda] Diare

                      a.co.id>

Dear Mbak Theny,

Memang Kaopectate dan nifural sama-sama obat untuk Diare tapi biasanya
dokter memberikan terapi tsb berdasarkan diare tsb disebabkan oleh JAMUR
atau diare biasa. Nah kalau yang disebabkan oleh Jamur biasanya dokter
kasih
Nifural. Sedangkan kalau diare biasa cukup dg kaopectate.

Mama Jason

From: Lilis Suryawati [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Dear Mbak Theny,

Biasanya sih saya suka kasih dua2nya kalau diarenya agak parah selang waktu
1 jam deh. Kalau nggak parah sih cukup salah satu saja, biasanya kaopectate
gitu.

WRgrds,
Lilis

From: Theny Fertina [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Mbak Lilis, mau nanya nih, maksudnya Kaopectate + Nifural sekalian?
Apa sih bedanya Kaopectate & Nifural ini Mbak, bukannya sama-sama obat
Diare?

Rgds
Theny

                      [EMAIL PROTECTED]

                      paribas.com                       Re: [balita-anda] Diare

All,

CMIIW, agar tidak dehidrasi biasanya penderita diare di beri minum
Pedialyte.

Dari pengalaman anak saya yang dulu sering terserang diare (sampe pernah di
rawat segala)
Ternyata pencegahan diare untuk balita itu sangat murah meriah yaitu:
- Sering-sering mengkonsumsi tempe! (dari rekomendasi Dr ahli gizi)
- Jaga kebersihan tangan (balita, pengasuh, bapak, ibu nya)
Alhamdulilah sekarang Aliff sudah tidak pernah diare lagi berkat Tempe !
rgds,

Babanya Aliff

JAMUR

                      [EMAIL PROTECTED]

                      .pwc.com

Bu, coba cari di pasar tradisional, ya.. nggak selalu ada, tapi aku suka
dapet tuh tanaman obat
Sebetulnya, belakangan ini aku nggak pernah lagi pakai obat tradisional
untuk diare itu, karena ibuku sudah nggak ada (untuk beberapa penyakit
ringan, beliau sih lebih percaya pengobatan kuno/tradisional daripada ke
dokter). Tapi setelah beliau ngga ada, ya.. kalo diare, aku cuma kasih
kopectate... hmmmh... obat lagi.. obat lagi...

Sssst, ngegosip dikit, katanya pakar pengobatan tuh ya....  dari 40 ribu
jenis tanaman didunia, sebanyak 30 ribu jenis terdapat di Indonesia, 1400
lebih terdeteksi sbg tanaman obat, tapi yg dimanfaatkan baru kurang-lebih
400 jenis!!  Iiiih ternyata kaya sekali negara kita, tapi keburu diserbu
sama obat2an modern, padahal justru orang bule lagi BACK TO BASIC... pakai
tanaman obat yg ternyata lebih berkhasiat... sementara kita sedang pelan2
meninggalkan pengobatan tradisional.... sayang yach

salam

                      "Ade Novita"

                      <[EMAIL PROTECTED]

                      .id>

mbak jangan deh anak 4 bulan kasih asal obat... untuk diare... mendingan
diperiksa dulu terutama yang ada darah dan lendir ya... karena takutnya ada
infeksi bakteri bukan sekedar virus.
kalau bakteri (biasanya ada darah, lendir yang dibuktikan juga dengan hasil
lab) harus diobati bahkan perlu antibiotik
kalau virus ... dibiarkan aja jangan dimampatkan dengan kaopectate atau
nifural, karena virus jadi tertahan di dalam tubuh anak, padahal virus
harus
dikeluarkan dan dibuang.
diare berbahaya kalau dehidrasi, jadi yang penting saat diare jangan sampai
kekurangan cairan, ganti susu free laktosa kadang membantu tapi sebenarnya
susu yang biasa dipakai juga gpp asal diencerkan (kecuali diare krn alergi
susu ya terpaksa ganti susu)
minum segala cairan pengganti oralit, pedialyte, pocari sweat, air tajin,
teh manis, juice apel, pisang, sup hangat. gpp anak nggak mau makan asal
cairan cukup.
hindari jeruk dan yang asam
makan pisang kepok rebus akan membantu memampatkan dan nggak ada efek
samping drpd penggunaan obat obat pemampat.
buang kotoran BABnya ke wc langsung, cuci tangan bersih buat yang
membersihkan si anak saat bab, biar virus nggak muter muter disitu situ
aja.
makan obat paracetamol saat demam

semoga bermanfaat

bunda reva

This message (including any attachments) is confidential and may be
privileged. If you have received it by mistake please notify the sender by
return e-mail and delete this message from your system. Any unauthorised
use or dissemination of this message in whole or in part is strictly
prohibited. Please note that e-mails are susceptible to change.
ABN AMRO Bank N.V. (including its group companies) shall not be liable for
the improper or incomplete transmission of the information contained in
this communication nor for any delay in its receipt or damage to your
system. ABN AMRO Bank N.V. (or its group companies) does not guarantee that
the integrity of this communication has been maintained nor that this
communication is free of viruses, interceptions or interference.