Mbak...

Jangan putus asa.... persering aja merahnya per 2 jam
sekali...
Berusaha lagi ya Mbak.. jgn stress.. banyak istrirahat
n banyak makan bergizi...

Yg penting optimis aja bisa.. smakin sering dikluarkan
ASInya smakin banyak juga produksinya..

Klo emg berusaha tetep aja ajeg mungkin ada yg salah
dlm memerah or dlm memberikan ke babynya..

So, mbak gak ada salahnya konsultasi ke Klinik Laktasi
terdekat..

Berikut aku sampaikan artikel yahh
Tips-tips agar ASI lancar & banyak

Dirangkum dari berbagai sumber (AAP, La leche league,
breastfeeding.com, WHO, dsb) dan ditulis oleh Luluk
Lely Soraya I

1.    Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras
ASI.  Jika anak
belum mau menyusu krn masih kenyang, perahlah /
pompalah ASI.  Ingat !
produksi ASI prinsipnya based on demand sama spt
prinsip pabrik.  Jika
makin sering diminta (disusui/diperas/dipompa) maka
makin banyak yg ASI yg
diproduksi.

2.    Kosongkan payudara setelah anak selesai
menyusui.

Bahasan ini masih terkait dg point di atas. Makin
sering dikosongkan,
maka produksi ASI juga makin lancar.

3.    Yg tidak kalah pentingnya : ibu harus dalam
keadaan RELAKS.
KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat menentukan
keberhasilan ASI
eksklusif. Menurut hasil penelitian, > 80% lebih
kegagalan ibu menyusui dalam
memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu
menyusui. Ingat : 1
pikiran "duh ASI peras saya cukup gak ya?" maka pada
saat bersamaan
ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon
oksitosin (produksi
ASI) utk bekerja lambat. Dan akhirnya produksi ASI
menurun.

Relaks saja ya bu. Disini sebetulnya peran besar sang
ayah.

Jika ayah mendukung maka ASI akan lancar.

     Mendukung bisa dg berbagai cara mulai dari
menyemangati istri

hingga hal2 lain spt menyendawakan bayi setelah
menyusu, menggendong
bayi utk disusukan ke ibunya, dsbnya.

4.    Hindari pemberian susu formula.

Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya
masih sedikit
atautakut anak gak kenyang, banyak yg segera
memberikan susu formula.
Padahal

pemberian susu formula itu justru akan menyebabkan ASI
semakin tidak
lancar. Anak relatif malas menyusu atau malah bingung
puting terutama
pemberian susu formula dg dot. Begitu bayi diberikan
susu formula, maka
saat ia menyusu pada ibunya akan kekenyangan. Sehingga
volume ASI makin
berkurang. Makin sering susu formula diberikan makin
sedikit ASI yg
diproduksi.

5.    Hindari penggunaan DOT, empeng, dkknya

Jika ibu ingin memberikan ASI peras/pompa (ataupun
memilih susu
formula) berikan ke bayi dg menggunakan sendok, bukan
dot ! Saat ibu
memberikan dg dot, maka anak dapat mengalami BINGUNG
PUTING (nipple confusion).
Kondisi dimana bayi hanya menyusu di ujung puting
seperti ketika
menyusu dot. Padahal, cara menyusu yang benar adalah
seluruh areola (bag.
gelap di

sekitar puting payudara) ibu masuk ke mulut bayi.
Akhirnya, si kecil
jadi ogah menyusu langsung dari payudara lantaran ia
merasa betapa
sulitnya mengeluarkan ASI. Sementara kalau menyusu
dari botol, hanya dengan
menekan sedikit saja

dotnya, susu langsung keluar. Karena itu hindari
penggunaan dot dsbnya.

6.    Datangi klinik laktasi. Jangan ragu untuk
menghubungi atau
konsultasi dg klinik laktasi.  Disana ibu dan ayah
mendapatkan masukan secara
teknis agar ASI tetap optima.

7.    Ibu menyusui mengkonsumsi makanan bergizi.

8.    Lakukan perawatan payudara : Massage / pemijatan
payudara dan
kompres air hangat & air dingin bergantian.

Uc mamaKavin+

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com