waw lengkap bener, thanx yah mba sylvia yg slalu respon lengkap dg
artikelnya :)

bestrgds

-----Original Message-----
From: Sylvia Radjawane [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, August 24, 2006 2:01 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Cc: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Persalinan dgn vacuum (was: ikutan cerita)

Hi mbak Enni,

Kalau memang dokter akan mengambil tindakan di-vacuum, dan kondisi saya:
bukaan sudah lengkap, kepala baby sudah di dasar panggul saya, tinggal
sedikit lagi tahap bersalin-nya TAPI teknik mengejan saya yang 'salah' atau
sudah 'kehabisan tenaga' untuk mengejan lagi .....  Saya akan memilih
tindakan vacuum dibandingkan CS.

Lain halnya kalau memang kondisi saya nggak memungkinkan lagi untuk menunggu
sampai bukaan lengkap, karena komplikasi selama bersalin atau ada indikasi
kondisi janin melemah (gawat), padahal bukaan masih jauh di mata ... mungkin
saya akan pertimbangkan tindakan CS dibandingkan vacuum. Karena kalau memang
harus ditarik kepala baby dalam kondisi bukaan belum sempurna, dan 'nggak
berhasil juga', toh akan ends up dengan CS juga. ..

Persalinan 'ideal' kan memang berlangsung secara alami, nggak pakai bantuan
induksi, episiotomy (nggak perlu jahitan pasca bersalin), dan nggak perlu
di-vacuum.  Cuma, prakteknya kan kadang perlu salah satu atau semua faktor
pembantu persalinan.