Hi mbak Viga,

Kalau dari artikel di www.mayoclinic.com tentang Gondongan (Mumps), sama
seperti infeksi virus lainnya, gondongan juga menular, mbak.  Dan juga
seperti infeksi virus lainnya, kadang munculnya tanda/gejala gondongan itu
bahkan 2-3 minggu setelah ada paparan infeksi virus.  Jadi kalau pun asisten
di rumah baru 'ke luar' gondongannya sekarang ini, daya tularnya bahkan
sudah mulai sejak minggu-minggu lalu.

Kalau memang Rara sudah pernah divaksinasi MMR (kalau nggak salah umur Rara
sudah hampir 2 tahunan, ya mbak?), kemungkinan besar daya proteksi vaksin
MMR di tubunya masih bekerja aktif.

Ada baiknya juga sang asisten diisolasi dulu, supaya paparan virusnya (yang
nggak tahu mulai kapan), nggak jadi tambah menyebar bagi orang serumah.  Dan
karena ini memang infeksi virus, semua orang di rumah (termasuk Rara) rajin
lakukan tindakan self-care, dengan makan, minum bergizi dan istirahat
teratur, supaya daya tahan tubuh tetap prima.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena