Dear mom & Dad,

mohon pencerahannya jika ada yang mengetahui atau mengalami seperti anak kami,
bayi kami saat ini sekarang berusia 1 tahun lebih . Sejak lahir bagian kelopak
mata sebelah kiri tidak sama dengan sebelah kanan (lebih kecil 2 mm) Saya telah
berkonsultasi dengan dokter spesialis mata sejak usianya 3 bulan dan terus
diobservasi setiap bulannya. Sekitar sebulan yang lalu, kami dirujuk ke ahli
bedah kosmetika (mata) di rumah sakit yang sama, dan mendapat penjelasan bahwa
anak saya perlu menjalankan operasi dikarenakan otot matanya tidak berkembang
dengan sempurna seperti sebelah kanan. Menurut dokter juga tidak berkembangnya
otot mata ini tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan (estetika) saja
tetapi akan mempengaruhi perkembangan retina matanya juga. Dokter menyarankan
operasi dilakukan saat ia berusia 14 bulan tapi di umur hampir setahun kami
melakukan second opinion ke JEY disana dikatakan harus cepat dioperasi karena
akan mengakibatkan mata malas sehingga anak kami akan melihat hanya satu mata
saja metodenyapun berbeda jika di Aini otot matanya diambil dari otot pahanya
tp kalo di Jakarta Eye Center hanya dijahit di matanya saya, mungkin masing2
rumah sakit berbeda caranya, Pertanyaan saya adalah Apakah operasi yg akan
dijalankan aman untuk anak saya mengingat usianya yg masih kecil dan harus
suntik bius total & apakah sudah ada yang pernah mengalami seperti anak kami
dan bagaimana penyelesaiannya?

trims

ayahbunda Rafi