Hi mbak Mei,

Welcome-back ya mbak ... wah, ketinggalan berita nih, soalnya baru sempat
buka milis BA sekarang.  And welcome to Elizabeth too :)

Yap, setuju dengan mbak Mei untuk terus kasih ASI eksklusif buat anaknya.
Tinggal 1,5 bulanan lagi kan? Jangan menyerah, ya ;)

Iya, kadang memang baby usia bayi 4-5 bulanan sudah mulai seperti Elizabeth,
tapi itu bukan berarti dia sudah 'siap' dengan solid food.  Jadi mungkin
'clue' nya: bayi usia 6 bulan ke atas, apalagi yang sudah menunjukkan
ciri-ciri mirip Elizabeth.  Usia seperti dia sekarang ini mungkin lebih
cenderung hanya ingin melakukan apa yang orang (dewasa) lain lakukan, bukan
'siap' untuk makan selain ASI.

Jadi ingat dulu, waktu saya belum menikah, house-mate saya juga menyusui ASI
eksklusif dan babynya lagi getol-getolnya ingin 'makan' dan pegang apa aja,
waktu usianya sekitar 5 bulanan.  Akhirnya dia lakukan trick dengan buat ASI
yang di bekukan di ice-cube.  Waktu didiamkan di suhu kamar, dan mulai
mencair langsung di kasih ke babynya lengkap dengan sendok babynya, duduk di
kursinya sendiri and makan ramai-ramai di seputar meja makan dengan orang
dewasa lain.
Sukses tuh, baby-nya happy banget dengan 'menu makanan' baru dan suasana
makan baru, padahal ya tetap ASI juga :)

sun sayang buat Elizabeth, mbak,
Sylvia - mum to Jovan & Rena