Selain yang udah diterangkan oleh para moms, apa ada tips lain untuk bayi 8-9
bulan? Gimana menghadapi perjalanan yang panjang, lebih dari 5 jam??
Soale kan blom bisa nyanyi or mewarnai sendiri... =p

  Thanks to all
  Ratih, Ranov's mom
  *yangpunyarencanamaumudikjuga*

Sylvia Radjawane <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Hi mbak Lia,

Kalau ini jadi 'first-time' nya Raissa, mungkin lebih nyaman booking
'window-seat'. Perjalanan 2 jam bakal nggak kerasa karena harus menjawab
aneka pertanyaan dan komentarnya :).
Bisa juga cari seat yang dekat dengan toilet, jadi kalau ada 'nature call',
bisa lebih nyaman dan cepat ke tempatnya.

Kalau memang anaknya nggak bisa 'diam' selama di pesawat (kayak Jovan anak
saya - dia bahkan bisa pakai sarana aisle ini untuk mainin 'kit' nya
setelah take-off ;)), 'aisle seat' (sebelah lorong hilir mudik crew cabin)
juga bisa jadi pilihan. Tapi harusnya ini nggak jadi masalah karena asumsi
saya mbak akan book 3 seats berurutan (minimal) jadi bisa ganti tempat duduk
kalau Raissa bosan lihat view via jendela :)

Memang masalah 'seat' tergantung juga dari kondisi menjelang/saat travel
nantil. Apalagi pas masa 'mudik' dan peak seasson. Pasti banyak anak kecil
yang ikut jadi penumpang, dan banyak ortu yang berpikiran sama untuk booking
seat yang nyaman :)

Mungkin mbak bisa lebih fokus ke persiapan Raissa supaya tetap nyaman selama
perjalanan. Mis.: make sure kondisi badannya sedang fit, cukup 'perbekalan'
mainan favoritnya & cukup perbekalan 'snacks' nya ... antisipasi harus
menunggu lebih lama karena ada delay pesawat, dll.
Saya juga biasakan untuk mulai ceritakan tentang perjalanan nanti ke anak
saya, apalagi kalau itu menyangkut kendaraan, tempat, atau 'orang-orang'
yang baru pertama kali ditemui. At least dia punya sedikit 'gambaran' waktu
D-Day.

hope you'll have a nice and save 'mudik', mbak :)
Sylvia - mum to Jovan & Rena

On 10/3/06, eprilia raymond < [EMAIL PROTECTED] > wrote:

> Rencananya Lebaran thn ini kami sekeluarga mo mudik, Raissa (2,5 thn) mo
> diajak jg dan pertama kali naik pesawat, rencananya mo naik A***m Air
> slama
> 2 jam-an dan take off jam 6.30 pg, posisi yg nyaman utk anak seumuran
> Raissa
> di sebelah mana ya? Trus bagi2 tips dong supaya Raissa nyaman dan aman
> naik
> pesawat?

Get your own web address for just $1.99/1st yr. We'll help. Yahoo! Small
Business.

Kirim email ke