From: Jusuf Jaya Kusuma [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, November 02, 2006 8:10 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Help....Komputer tiba-tiba mati

Dear Mba Yenni,

untuk troble komputer yg Mba bilang, memang ada beberapa kemungkinan seperti
yg Mba Henny bilang,

dan saya mo tanya, apakah ketika pc dihdupkan dan mati kembali itu saat
sudah masuk ke windows atau baru counting memory, atau saat loading windows
ada tulisan error message and you must rebot this computer atau saat apa
gitu ?

Dan apakah saat dinyalakan ada bunyi beep beep beberapa kali, dan jika ada,
maka berapa jumlah suara beepnya ? ( jumlah bunyi beep pada motherboard
memiliki pesan kerusakan pada bagian yg berlainan )

Klo secara umum sih ada beberapa penyebab :

1. kabel listrik pc ke stekernya ada yg kendor
Saya pernah mengalami ini saat memeriksa pc teman.

2. Kipas prosesor mati
Motherboard memiliki settingan di BIOS untuk memproteksi dirinya, jika kipas
prosesor mati, maka dalam waktu sekitar 10 detik setelah dinyalakan, suhu
prosesor akan luar biasa panasnya dan dapat merusak motherboard dan prosesor
itu sendiri, oleh karena itu pada motherboard sudah mendukung shutdown
otomatis sistem jika sensor suhu di prosesor menunjukkan data diatas suhu
tertentu ( klo di pc saya, saya setting pada suhu 60 derajat )

3. Power supply tidak kuat
Apakah umur pcnya udah lama sekitar 4-5 thn ? apakah ada penambahan
peripheral baru, seperti DVD RW, VGA card model baru dll yg membuat power
supply nya overload.

4. Memory troble
Pin - pin di memory yg ke motherboard sudah ada yg karatan atau memang ada
bagian memory yg bermasalah.

5. VGA Card bermasalah
Pin - pin di Vga card pun bisa menjadi masalah jika sudah karatan, atau
terkadang kendur dengan sendirinya, bisa juga kipas di VGA bermasalah.

6. Software bermasalah
Apakah baru2 ini menginstall S/W tertentu ?
bisa juga Windowsnya bermasalah pada drivernya

7. Penambahan peripheral baru
Kadang penambahan komponen baru di pc, seperti modem internal, DVD dll dapat
mengganggu stabilitas dan biasanya hal ini disebabkan oleh tidak
kompatiblenya item tsb dengan pc kita.

klo untuk reparasi, kadang kita harus berhati-hati sama tempat / tukang
servis yg kita pilih ( kadang kadang bisa bisa kita di ketok harga / harga
perbaikan tidak wajar, dibilang ini nya rusak lah, itunya lah yg rusak..
Ini lah musti ganti, itulah musti ganti
♪ BANG INI SMS sapa... ♫)

atau coba hub Mamanya Iyan ( anggota BA kita ), sebab anaknya jual dan
terima servis pc.

coba didaerah rumah ibu ada toko yg jual alat2 komputer ngga ? atau warnet,
mungkin mereka bisa bantu.

bisa juga coba hub SBO Astra di toyota juga ada kan, tanya apa mereka bisa
bantu, klo bisa minta mereka ke rumah atau bawa aja pcnya ke kantor dan
nanti minta di cek dan di reparasi diluar jam kerja.

Ok deh bu.. semoga cepat sembuh pcnya.

Thanks n Regards
Jsf, [EMAIL PROTECTED]