Dear mbak Muthi..
kalo aku sih ya... stiap bulan pasti aku kasih jatah.. sabun,sampo,pembalut
dan odol...
trus tiap 3 bulan aku kasih sikat gigi.
Trus... berhubung PRT aku orangnya sopan dan jujur dan ga macem2... jadi aku
pun bersikap agak longgar sama dia.. Jadi kalo kapanpun dia pingin jalan2,
pingin main... aku selalu kasih ijin, selama pekerjaan rumah tangga hari itu
udah beres. Tapi alhamdulillah tuh dia betah2 aja di rumah.. Jarang banget
minta jalan2.. sampe kadang malah aku kasih libur dari kerjaannya..aku suruh
jalan2. Itu pun kadang dia ga pergi...

Trus telpon juga aku bebasin... (tapi ini lebih baik jangan diberlakukan
buat PRT yg baru). Alhamdulillah juga dia ga pernah nelepon2 sembarangan..
Kalo mau nelepon pun selalu minta ijin. Kebetulan telepon rumah kan direkam
sama suami aku.. dan ga pernah ada telepon buat dia ataupun dia yg nelepon.
Kadang2 pacarnya aja yg suka nelepon... Itu pun ga pernah lama2.

Di dapur aku kasih TV kecil..biar dia ga bosen. Trus aku kasih radio juga...
dan tiap 2-3 bulan, aku suka beliin dia baju..sendal...tas.. dll, sesekali.
Aku selalu kasi tau supaya duitnya ditabung aja... Kalo dia perlu apa,
bilang aja sama saya.. kalo saya bisa dan permintaannya masuk akal, pasti
saya kasih. Untung aja ga pernah macem2 juga.. paling cuma minjem majalah2
aku yg udah ga dibaca lagi...

Pokoknya menurut aku, gimana fasilitas yg kita kasih ke dia dan sikap kita
ke dia.. tergantung sama kerjanya, kelakuannya dll juga mbak.. Soalnya kalo
kita dah baik2 ke dia tapi dianya semaunya.. kan sakit ati juga. Mo negur
juga kadang kita kan mikir... dasar orang Indonesia kan suka ga enak..
biarpun itu PRT :)

Oh mengenai bonus2... aku kadang2 aja ngasih.. jadi misalnya aku suruh
jalan2... aku kasih duit misalnya 50rb.. Atau aku suruh potong rambut.. aku
kasih 20rb..
Trus kan dia punya handphone.. kadang aku kasih bonus pulsa juga..

Dan kalo dia handle baby juga... gajinya mungkin 500-600 kali ya? Aku ga tau
deh... sori nih ga bisa jawab yg ini

moga2 ngebantu ya