Mba Muthi,

  hampir sama dgn Mba Eva,
  tiap bulan aku pasti kasih ke PRT : Pembalut, sabun, shampoo & odol.
  Ga usah yang mahal,. Kecuali u/ shampoo, biasa aku tanya ke PRT ybs  mereka
cocok pakai shampoo apa, krn shampoo kan cocok-cocokan. Daripada  udah di beli
tapi ga dipake. Kalau untuk pembalut yg biasa aja, ga usah  yg pake wings.
Untuk sabun, cari yg wangi buah2 biar seger. Merk F..SH  mayan murah dan
wanginya buah segar.

  Kebetulan PRT ku jarang jalan2, krn mereka emang ga minta. Kalau mereka
ijin, pasti ku kasih juga sih. Kebetulan di rumah ada sepeda, jadi  mereka
kalau mo keliling pake sepeda aku bebasin. Yang penting ga  jauh2. Trus kalo
mereka cuci mobil, biasa aku kasih uang. Kadang   range 5-10ribu lah.

  Kalau weekend aku, suami & anak sering pergi. Pengasuh anak sering  ku bawa.
Kalau kita makan di luar, pengasuh juga ikut makan. Buat PRT  yang jaga rumah,
biasa aku belikan oleh2 makanan, entah pisang goreng,  donut or apalah biar
mereka seneng.

  Kalo belanja di supermarket, biasanya mereka juga suka aku beliin  biskuit
dan minuman (sirup or apa aja), kebetulan warung jauh dr rumah,  jd buat
cemilan mereka kalo sore-sore.

  Sering juga, aku suruh mereka beli pisang/singkong or apa aja buat mereka
goreng dan makan kalau mereka pengen.

  Kebetulan aku bikin aksesories sendiri di rumah. Mereka udah aku ajarin  cara
bikinnya, dan skr udah pintar. Kalau kebetulan aku ikut bazaar,  mereka aku
kasih bonus. Tergantung income sih sekitar 35-80ribu per  orang. So far mereka
seneng banget dpt tambahan. Dan kalau ada bazaar  mereka pasti semangat.

  gitu aja sih dr saya, moga membantu.

  -jeanne-
  http://keismote.blogspot.com
  http://cobanulis.blogspot.com

Evariny Andriana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:  Dear mbak Muthi..
kalo aku sih ya... stiap bulan pasti aku kasih jatah.. sabun,sampo,pembalut
dan odol...
trus tiap 3 bulan aku kasih sikat gigi.
Trus... berhubung PRT aku orangnya sopan dan jujur dan ga macem2... jadi aku
pun bersikap agak longgar sama dia.. Jadi kalo kapanpun dia pingin jalan2,
pingin main... aku selalu kasih ijin, selama pekerjaan rumah tangga hari itu
udah beres. Tapi alhamdulillah tuh dia betah2 aja di rumah.. Jarang banget
minta jalan2.. sampe kadang malah aku kasih libur dari kerjaannya..aku suruh
jalan2. Itu pun kadang dia ga pergi...

Trus telpon juga aku bebasin... (tapi ini lebih baik jangan diberlakukan
buat PRT yg baru). Alhamdulillah juga dia ga pernah nelepon2 sembarangan..
Kalo mau nelepon pun selalu minta ijin. Kebetulan telepon rumah kan direkam
sama suami aku.. dan ga pernah ada telepon buat dia ataupun dia yg nelepon.
Kadang2 pacarnya aja yg suka nelepon... Itu pun ga pernah lama2.

Di dapur aku kasih TV kecil..biar dia ga bosen. Trus aku kasih radio juga...
dan tiap 2-3 bulan, aku suka beliin dia baju..sendal...tas.. dll, sesekali.
Aku selalu kasi tau supaya duitnya ditabung aja... Kalo dia perlu apa,
bilang aja sama saya.. kalo saya bisa dan permintaannya masuk akal, pasti
saya kasih. Untung aja ga pernah macem2 juga.. paling cuma minjem majalah2
aku yg udah ga dibaca lagi...

Pokoknya menurut aku, gimana fasilitas yg kita kasih ke dia dan sikap kita
ke dia.. tergantung sama kerjanya, kelakuannya dll juga mbak.. Soalnya kalo
kita dah baik2 ke dia tapi dianya semaunya.. kan sakit ati juga. Mo negur
juga kadang kita kan mikir... dasar orang Indonesia kan suka ga enak..
biarpun itu PRT :)

Oh mengenai bonus2... aku kadang2 aja ngasih.. jadi misalnya aku suruh
jalan2... aku kasih duit misalnya 50rb.. Atau aku suruh potong rambut.. aku
kasih 20rb..
Trus kan dia punya handphone.. kadang aku kasih bonus pulsa juga..

Dan kalo dia handle baby juga... gajinya mungkin 500-600 kali ya? Aku ga tau
deh... sori nih ga bisa jawab yg ini

moga2 ngebantu ya