Halo Mama Bimo,

TBC paru itu penyebabnya bukan virus, tapi bakteri
Mycobacterium tuberculosis. Kalau penyebabnya virus,
penyembuhannya bisa dengan hanya menjaga stamina
tubuh, tapi kalau suatu penyakit disebabkan oleh
bakteri penyembuhannya kadang perlu antibiotik, spt
TBC paru ini, biasanya sih diberi rifampisin.

TBC paru juga bukan penyakit keturunan, tapi penyakit
infeksi, krn infeksi jadi bisa menular. Artinya blum
tentu krn ortu, kakek-neneknya sehat si anak tdk akan
kena TBC, bisa saja dia kena dari tetangga, pembantu
atau BS, atau saudara, siapa saja.

Penyembuhan TBC ini gampang-2 susah. Gampang krn
obatnya mudah didapat dan relatif murah. Susahnya,
obat harus diminum teratur tdk boleh lewat 1 hari
juga, lebih susah lagi kalau yg kena balita, kadang
obatnya susah masuk.

Kalau ada angota keluarga kena TBC sebaiknya diobati
scr tuntas. Kalau anak kena TBC, cari tahu siapa
sumbernya, kalau perlu ortu, pembantu, atau siapa saja
yg tinggal serumah diperiksakan juga. Tujuannya agar
penyakit ini tidak berulang.

Ciri anak kena TBC paru tdk melulu kurus dan nafsu
makan sedikit, tapi bisa juga sering panas, lesu, atau
sering diare. Untuk mengetahui anak kena TBC atau
tidak, ada serangkaian tes yg seharusnya dijalani.
Biasanya dimulai dgn tes mantoux, rontgen, tes darah,
dan tes dahak. Tapi kadang ada dsa yg lebih pilih
rangkaian; tes mantoux, tes darah, dan dahak.

endra
--- Sekretaris Operation <[EMAIL PROTECTED]>