To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, January 17, 2007 4:33 PM
Subject: Re: [balita-anda] Balasan: [balita-anda] tanya persiapan setelah melahirkan

***********-***********

wah hebat
masukannya lengkap :-)

 ----- Original Message -----
 From: Hesty Wuryani
 To: balita-anda@balita-anda.com
 Sent: Wednesday, January 17, 2007 4:28 PM

 Salam kenal buat Ibu Miko...

Saya anggota baru, baru melahirkan sekitar 4 setengah bulan lalu.Bukannya sok pinter, cuma pengen berbagi pengalaman nih.... Sebenarnya hal yg paling penting untuk persiapan setelah melahirkan adalah persiapan mental, karena rata-rata orang yg setelah melahirkan pasti terkena yg namanya Baby Blue.

Ngomong-ngomong sdh umur berapa kehamilannya? dulu sewaktu saya ikut seminar ASI, katanya kalau sdh diatas 7 bln tidak boleh mengurut payudara karena bisa menyebabkan kontraksi. Tapi...sebagian orang bilang sebaiknya payudara diurut sewaktu hamil tua untuk melancarkan ASI dikemudian hari.

Maaf...maksud saya disini hal yg paling penting yg perlu dipersiapkan setelah melahirkan banyak sekali, mungkin kita bahkan sampai lupa sama keadaan fisik kita, syukur-syukur.. kl ASInya lancar. Mudah-mudahan bisa melahirkan secara normal, karena banyak kejadian yg melahirkan secara Caesar susah atau agak lama bisa kasih ASI ke babynya, seperti kejadian waktu diruang perawat banyak yg minta supaya Babynya di kasih susu formula,mungkin belum pada keluar kali ASInya.

   Kalau menurut saya nih, hal-hal yg perlu diperhatikan:
1.Sekarangkan sedang digalakkan ASI eksklusif, jadi....kl niatnya pengen memberi ASI eksklusif (kali semua Ibu pengen memberi ASI Eksklusif kebabynya) sebelum melahirkan bilang ke Dokter atau Susternya untuk minta ASI eksklusif, kl bisa hitam diatas putih, tapi rata-rata RS sekarang sdh hitam diatas putih, jd kl mau dikasih susu formula minta ttd dari Ibu atau ayahnya dulu.

2. Saya kebetulan tipe yg ASInya tidak begitu banyak, padahal saya selama hamil sdh banyak makan sayur katu, kacang kedelai en kacang hijau, pokoke segala macam sayuran, serta rajin minum susu hamil.Dari hasil seminar yang saya ikuti (kata Dokter nih..) tidak ada jenis makanan yg dapat melancarkan ASI yang penting: Pertama --> Niat Ibu untuk menyusui bayi dan Pede Aja Lagi. Saya pernah minta suntik ASI kedokter kandungan (karena masalah ASI lapornya lebih ke dokter kandungan) tidak diijinin, kt Dokter..itu percuma....yg penting banyak minum, atau makanan yg mengandung air seperti buahan-buahan,minum susu,sayur-sayuran. Yg kedua --> Kita harus banyak istirahat jadi tidur yg cukup dan jangan stress...karena itu sangat mempengaruhi keluarnya ASI, jangan pernah berpikiran kita tidak bisa membuat anak kita kenyang sama ASI krn itu mempengaruhi turunya produksi ASI.

3. Meskipun begitu saya tetap banyak minum air mineral 2 ltr/hr apalagi minumnya sambil nyusui, bila perlu airnya yg hangat,banyak makan sayur.Adapun sayur-sayuran yg banyak di konsumsi orang spy ASInya bisa lancar :Katu (orang Malaysia bilangnya sayur pucuk manis), segala bentuk kacang-kacangan seperti: kacang hijau, kacang kedelai,kacang merah, sayur oyong/petule, daun pepaya. Makan ikan bilis/teri jengki,air soya,wijen en lobak enaknya dibuat sup.

4.Kalau untuk jamu katanya jamu kluyuk (Orang jawa bilang-maaf kl ejaannya salah), atau jamu yang kemasan bagus juga untuk mempelancar ASI, tapi ada juga orang lain bilang jangan minum jamu.Setahu saya Jamu lebih kepada supaya air ASInya seger jadi tdk bikin bayi masuk angin.Ada juga yg bilang supaya rasa ASI lebih enak dari susu formula coba makan bawang putih.

5. Saya setuju sama pendapat untuk perut supaya cepat rata pakai gurita atau stagen, tapi menurut Dokter supaya lebih manjur lagi banyak menyusui dengan begitu berat badan dan bentuk perut bisa cepat segera seperti sebelum hamil,InsyaAllah.... Coba aja datang ke klinik kecantikan yg menangani hal tersebut spt selulit dan perut yg besar, tp dengan syarat aman dipakai untuk Ibu menyusui.Sebaiknya hindari menggaruk area perut saat hamil, karena tetap membekas cuma warna jadi putih seperti garis-garis, kl saya pakai krem dari Mothercare (untuk selulit) kt Dokter saya aman untuk dipakai Ibu hamil, dilanjutkan setelah hamil.Kalau bisa pemakaian krem dan sebagainya semua dikonsultasikan ke Dokter kandungan dulu, spy tdk ada efek samping.Ya...lumayan ampuh.

6. Menurut penelitian terbaru bagi yg ingin relaktasi, katanya obat Primperan bagus untuk meningkatkan kadar prolactin (hormon untuk menghasilkan ASI) karena saya minum itu di tambah suprasi serta makan sayur,buah dan minum susu Alhamdullilah ASI bisa keluar lagi setelah hampir 1 setengah bulan cuti menyusui.

7. Hal yg paling penting begitu melahirkan sesegera mungkin bayi langsung disusui 1/2 atau 1 jam setelah melahirkan, krn itu juga bisa mempelancar ASI sama halnya dengan pijat bayi.

8. Untuk selulit coba product Oriflame katanya sih bagus begitu jg ada yg untuk mengempiskan perut, katanya sih....tapi yg paling penting olahraga spt sit up...ya...semua itu kl dijalanin dengan telaten dan sabar semoga bisa memperoleh hasil yg memuaskan ya Bu...

Oke deh Selamat Menjadi Bunda baru....Semoga semuanya lancar ya....jangan terlalu banyak yg dipikirin diserahkan aja semua sama yang diAtas.Maaf sebelumnya kalau jawabannya kurang memuaskan atau kurang mengena,ini cuma berbagi pengalaman bukan bermaksud untuk menggurui, mungkin Ibu lebih banyak tahu dibanding saya.Bye....

   Salam Kenal,
   Mama Darryl (Hesty-W)

The information transmitted is intended only for the person or the entity to
which it is addressed and may contain confidential and/or privileged material.
If you have received it by mistake please notify the sender by return e-mail
and delete this message including any of its attachments from your system. Any
use, review, reliance or dissemination of this message in whole or in part is
strictly prohibited. Please note that e-mails are susceptible to change. The
views expressed herein do not necessarily represent those of PT Astra
International Tbk and should not be construed as the views, offers or
acceptances of PT Astra International Tbk.