yup mbak Intan...dsa-nya VaNifTa juga bilang gitu...

berhubung dana yang dikeluarkan cukup besar...jadi kata dsa-nya mending buat beli makanan yang bergizi aja...biar kondisi anak2 sehat selalu...

----- Original Message ----- From: "intan dima" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Thursday, January 18, 2007 3:48 PM
Subject: Re: [balita-anda] Balasan: Re: [balita-anda] Balasan: Re: [balita-anda] Perkenalan

maaf ya, mo ngasi pendapat dari sudt pandang yg berbeda...

dari yg saya baca, kalo di amrik sana, IPD memang diaunjuurkan karena
dah
ada penelitiannya....
nah kalo di indo, belum ada penelitian pnuemokokus pada anak balita.....

jadi, efektifitas vaksin IPD ini masih diragukan... ditambah lagi adanya

statistik bahwa radang tenggorokan pada balita hampir 90% disebabkan
oleh
virus... dan pada orang dewasa sebagian besar karena bakteri
streptokokus...
jadi vaksin IPD gak bakalan nyambung...

selain itu, seperti yg saya tulis diatas, indo belum ada penelitian
jenis2
kuman pnumoniae yg mana yg beredar... jadi, vaksin IPD sendiri
keampuhannya
masih diragukan kalau diberikan di indonesia...

tapi, kalau ada uang lebih, monggo divaksin IPD ya... gak ada ruginya
kok...
cuma, kalo dah divaksin tapi anak masih terkena pneumococcus, ya harap
dimengerti aja.... :)

----- Original Message ----- From: "Sandy Nugraha" <[EMAIL PROTECTED]>