Hi mbak Ila,

Soriiii mungkin aku ga bisa kasih jawaban secara teoritis seperti dr Herry,
cuma aku mungkin mo share a thought aja.

Rasanya, sekarang ini udah banyak kok orang tua yang memasukkan anaknya di
SD walaupun si anak belum genap berusia 6 tahun. Memang ada sih sekolah yang
tidak menerimanya, tapi banyak juga sekolah yg menerima hal ini.

Sebenarnya, sekolah itu kan bukan masalah usia, tapi masalah kesanggupannya
si anak itu atau tidak. Kalo si anak diuji coba ternyata sanggup
mengikutinya, ya why not, kalo memang ga sanggup, kan there's nothing to
lose...toh memang usianya masih tergolong muda atau belum cukup umurlah
istilahnya.

Kebetulan keponakanku masuk SD jauh sebelum cukup usianya, sehingga sekarang
ini (dia sudah masuk SMA) merupakan siswi termuda di kelasnya. Bayangin aja,
kelas 1 SMA tapi usianya baru mau masuk 14 tahun. Bahkan dia merupakan
satu-satunya siswi di Brunei (karena dia tinggal di sana) yg menerima
program beasiswa SMA di Singapura Desember lalu.

Intinya, bisa saja dicoba anak mbak untuk masuk SD walaupun belum waktunya.
Apalagi anaknya sudah cukup lama di playgroup (jadi sudah tidak kaget lagi
utk bersosialisasi). Lalu untuk menambah rasa percaya diri si anak, hindari
perlakuan atau kata-kata yang sifatnya mengingatkan dia bahwa dia sebenarnya
belum cukup waktunya untuk masuk ke lingkungan itu. Perlakuan dan kata-kata
semacam itu akan membuat dia menjadi bimbang, ragu dan minder. Perlakukanlah
dia sewajarnya, seolah memang dia sudah waktunya masuk SD. Malah beri dia
dorongan dan motivasi, bahwa pelajaran sesulit apapun, pasti bisa dia
kerjakan, asal ada kemauan, semangat dan totalitas dalam belajar.

Hehehe...maaf ya kalo kesannya menggurui...ga ada maksud loh...hehehe aku
cuma bangga aja sama anak-anak sekarang yg pada cepet2 sekali masuk sekolah,
ga seperti aku dulu hehehe

On 1/24/07, Rizqiyah, Ummi-Lailatul <[EMAIL PROTECTED]>