Hi mbak Hani/mbak Naning,

Untuk anak2 saya, biasanya sejak usia > 1 tahun sudah mulai
diperkenalkan UHT. (sebenarnya kata 'diperkenalkan' juga nggak tepat
sih, lebih tepatnya 'maksa minta' karena lihat papa mamanya juga suka
konsumsi susu UHT :))

Mungkin sejak baby anak2 nggak pernah terlalu 'repot' dengan konsumsi
susu (selain ASI), so hanya sedikit sekali merk2 susu formula yang
pernah/sekarang jadi 'langganan' mereka sampai sekarang.  So far,
pergantian merk susu bubuk anak2 bukan karena nggak cocok dengan
pencernaan atau sudah bosan, tapi lebih karena pergantian tahap usia
mereka.

Sampai sekarang mereka hanya kenal 2 macam merk susu bubuk, dan karena
selama mengonsumsi susu bubuk (susu sapi) tsb., tidak ada reaksi
alergi atau gangguan pencernaan yang lain, asumsi saya mereka juga
bisa toleransi dengan kandungan susu UHT atau susu cair lainnya, asal
diperkenalkan bertahap dan yakin dengan hygienitas nya.
Itu juga yang buat saya sampai sekarang nggak pernah coba 'campur'
takaran susu 2 macam merk susu -- misalnya waktu pergantian antar merk
susu, tapi coba perkenalkan susu yang 'merk baru' secara bertahap
sebelum 'full' menggantikan  susu 'merk lama'

Khusus untuk UHT, saya juga perkenalkan sedikit2 dulu (di awal sekian
sendok makan, terus sekian mL, terus setengah gelas, terus full UHT).
Waktu masih sekian mL UHT, ASI dan konsumsi susu bubuk tetap 'jalan
terus' sesuai jadwalnya.

Sampai sekarang anak2 juga nggak selalu berpatokan terus minum susu
UHT. Bisa berminggu2 mereka rajin cari UHT, nanti minggu2 berikutnya
kembali ke susu bubuk (justru yang nggak boleh nggak ada itu 'cheese',
karena anak2 penggemar sumber kalsium ini seperti emaknya ;)).

Kebetulan juga kami sekeluarga penggemar UHT yang dikonsumsi dingin
(walau sekarang jumlah fans di keluarga saya berkurang 1 karena saya
prefer susu yang High Ca, yang karena nggak mau kalah praktis juga
ikutan stok dalam bentuk kemasan box dan dikonsumsi dingin  ;))

Biasanya untuk susu cair saya pakai merk _Ultra_, _Diamond_ , kadang
juga _Bear Brand_ .
Yang penting diperhatikan, di antaranya:
- upayakan perkenalan pertamanya dengan UHT yang rasa 'plain' (kalau
langsung yang warna coklat/strawberry, anak2 langsung suka banget dan
jadi ogah dengan yang 'plain')
- bentuk kemasannya and tanggal kadaluwarsanya waktu membeli,
- dicoba dulu sedikit oleh orang dewasa sebelum diberikan ke anak2
(antisipasi resiko salah simpan di toko yang buat cita rasa jadi
rusak/masam),
- penyimpanannya (umur simpan untuk susu UHT or pasteurisasi setelah
dibuka kemasannya memang bergantung dengan suhu simpan. Jadi makin
tinggi suhu simpannya, makin pendek umur simpannya).
Mungkin untuk awal2 perkenalan, bisa coba stok dulu susu UHT yang
volumenya 250mL.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena