Ibu Dina,
Memang kalau untuk 15 bulan, berat badannya masih kurang, idealnya saya
lupa, mungkin di buku kesehatan anak
ada grafik pertumbuhan anak , untuk 15 bulan berapa kg,
pokoknya selama pertumbuhan berat badan dan tinggi badan anak kita masih
dalam range normal,
berarti anak kita tergolong anak sehat , kalau kurang atau lebih ,
sebaiknya segera konsultasi ke dokter gizi anak
Mungkin anak ibu bosan dengan makanannya, coba dibuat variasi, karena
sudah 15 bulan, giginya sudah banyak ,
variasi makanan bisa lebih banyak , mis sayur sop ayam , ikan di tim,
perkedel jagung , ayam goreng,
ikan gurame di goreng tepung, nuget dari ayam (buat sendiri), pokoknya
buat menu sebanyak mungkin,
kalau bisa dalam 1 minggu menunya berubah2, agar anak tidak bosan.
Buah-buahan kalau bisa setiap hari,
di jus atau dibuat agar-agar.
Semoga anak ibu bertambah nafsu makannya, dan tidak perlu diberi
suplemen anak, nanti jadi ketergantungan.
Kalau masalah ngempeng , saat jempol nya dimasukan, pelan2 kita tarik
sambil kita beritahu, jgn dipaksa ,
pokoknya jgn berhenti, lama-kelamaan anak kita akan mengerti kalau itu
tidak baik.
Semoga bisa membantu .

Papanya Fatimah

--