From: Renny <[EMAIL PROTECTED]>
To: balita-anda@balita-anda.com
Sent: Wednesday, February 21, 2007 3:56:15 PM
Subject: Re: [balita-anda] pengasuh yg sdh ikut lama

Saya pakai suster dari anak baru lahir sampai sekarang umur 29 bln gak
pernah bermasalah..  Asalkan anak jgn terlalu banyak digendong ama
pengasuhnya...  Mau tidur digendong, nangis dikit digendong...  Saya jg
tidak memperbolehkan pengasuh mencium anak saya. Yg boleh mencium cuma
papa&mama atau saudara dekat saja. Saya juga tidak memperbolehkan anak saya
tidur satu kasur dgn pengasuhnya...  Kalo mau menemani anak tidur siang
sebaiknya pengasuhnya disediakan kasur dibawah tmp tidur anaknya (atas bawah
gitu lho..). Tidur malam dgn ortunya... Biasanya hal2 tsb yg membuat mereka
jadi terikat batin.. .

Syukur sekarang anak saya kalo tidur siang tidak pernah ditemani. Cukup
dikasih susu, lampu diredupkan, stel music tidurnya.....  Jadi susternya
bisa menyelesaikan pekerjaannya. Paling pintu kamar dibuka sedikit sehingga
kalo anak saya bangun, bisa keluar dari kamar sendiri.. Tidak pake nangis
koq...

Caranya ya saya selalu tekankan kepada pengasuhnya bahwa pengasuh yang baik,
yg mencintai anak asuhnya dan mendidiknya menjadi anak yang mandiri bukan
mendidiknya sebagai anak yang selalu bergantung kepada pengasuh.

Banyak pengasuh yg dengan sengaja membuat anak bergantung padanya dgn
harapan majikan akan jadi terikat dgn dia. Itu yg kadang membuat mereka
ngelunjak pada majikan. Merasa dibutuhkan majikan krn sudah memegang
kelemahan si anak yg gak bisa ditinggal oleh pengasuhnya.

Mudah2an sih berhasil menjadi anak yg mandiri kelak.