Sorry, cuman mau ikutan kasih solusi
aku juga tinggal sama mertua dan mertua ku juga seperti itu
dulu aku suka stress dan sering nangis tiap malam di kamar mandi :D apalagi
misua bukannya bela istri atau pengertian tapi malah marah2 klo diajak diskusi,
seakan akan aku ini cuman mahluk luar yg mengganggu keharmonisan hubungan
keluarga mereka.
tapi sekarang aku hidup lebih santai dan lebih ringan.
tips nya simple, berusaha mengerti klo orang tua kadang memang bersifat seperti
itu (orang yg semakin tua kadang suka semakin kekanakanakan) berusahalah tidak
berpikiran jelek terhadapnya dan berusaha dekat dengannya minimal
menunjukkan perhatian. selebihnya... nga usah terlalu dipikirkan, kalau
pembantu ngadu ke kita soal ini itu tentang mertua, bilang saja sama pembantu,
ya namanya juga orang tua, dimengerti saja.
setelah itu, beban di hati rasanya lebih ringan, masalah kita sebagai istri dan
ibu dari anak2 sudah terlalu banyak dan menuntut perhatian jadi masalah lain
jgn terlalu diambil hati.
aku, selain harus kerja (sbg programmer kerjanya mikir, mikir dan dikejer2
schedule plus sering lembur), pulang kerja harus ngurusin anak (anak ku 3 dan
semuanya masih cilik cilik), harus meriksa pr nya, cek makanannya, mikirin soal
para BS (gaji nya, uang cutinya, uang bajunya dll), klo malam harus nyusuin
anak, bikin susu untuk anak pertama dan kedua. pokoknya semua urusan anak dari
a-z dan urusan tetek bengek lainnya termasuk ngurus diri misua, ngurus rumah,
pembantu dll dll sudah sangat menyita waktuku, jadi klo ada sedikit saja waktu
untuk bernapas, aku lebih milih istirahat hahaha...

maap ya klo nga berkenan, semoga dapat menjadi masukan bagi yang sedang stress
dengan mertua, minimal menghiburr

Restiani Tan