mbak, maaf kalu utk kuda2 (atap) bukan pake alumunium tapi baja ringan. Klo
alumunium bisa utk kusen.
mbak cek dulu rmh sekitar byk rayapnya gak, apalgi klo kondisi rmhnya
dempetan, krn bila diganti kayu lg pasti kena rayap lagi.

keuntungan pake baja ringan ini, sudah pasti gak kena rayap, gak lapuk
dimakan waktu, gak nyusut/muai, dan konon lbh tahan gempa. Tpi utk
pemasangannya sebaiknya dilakukan oleh orng2 yg ahli. Krn beda dgn kayu, klo
gak pas bisa digergaji, kuda2 dgn menggunakan baja ini hrs dibuat
dgn perhitungan yg akurat.
Kyknya utk pemasangannya lbh mahal dr kayu (klo dibandingin dgn kayu
kualitas bagus). Tpi ini investasi, biaya maintenancenya blh dibilang gak
ada. Dan yg jelas save the world...mengurangi penebangan hutan ;-)

Klo dananya terbatas pilihannya kayu, tp sblm dipasang sebaiknya diksh anti
rayap dulu, dan scr berkala hrs disemprot anti rayap lgi.

estimasi biayanya kyknya sih lbh murah klo dibanding pake jati yg bagus, tp
mgkn biaya pemasangannya yg lbh mhl.

CMIIF ya...

~ela~