Wah Jeung Sefty kayanya semangat banget yah ngangkat isu Market Honda
kalah sama Yamaha...

Kayanya dapet tugas besar dari Perusahaan nih untuk melakukan Educate
market yah ?? (^_^)

Semoga Honda bisa sadar dan Yamaha tetap main sehat deh..
Kan jadinya perekonomian Indonesia bisa semarak lagi.. setelah sekian
lama terpuruk.

 haaaa lagi????

saatnya razim lama kudu lengser....
klo mang dah mentok jangan nyontek dunk ahhhh...
kreatip dunk kreatippp....
sayangkan bintang iklannya(agnes) terkenal pintar....mas adnohnya
nyontek....

*lain kali nanya ma gw aja kebetulan duduk disebelah divisi product plan*

----- Forwarded by sefty YMKI/YAMAHA on 04/05/2007 05:08 PM -----

"Mulyadi" <[EMAIL PROTECTED]>
04/05/2007 05:49 PM
Please respond to
<[EMAIL PROTECTED]>

<[EMAIL PROTECTED]>
cc

Subject
RE: [balita-anda] Fw: Yamaha libas dominasi Honda

Sef, ini ada lagi dari Milisnya Karisma Honda
(ayoooo.....goyaaangnya lagi donk...kekekkekek)

Honda Cafera nyontek Yamaha.

Ini dia tulisan yang bagus, wartawan Kompas pula yang nulis. Senada
dengan wawancara dengan Michael D. Ruslim tempo hari, tampaknya memang
pabrikan kita yang sangat-sangat ahli dalam mengumbar kata-kata
'memahami keinginan konsumen' (tapi nol besar di lapangan) ini memang
sungguhnya lagi resah, gundah gulana. Mau omong A, takut. Mau omong B,
takut. Begini salah, begitu salah.

Bodohnya, dia lupa padahal 'rakyat'-nya masih banyak yang setia.
Termasuk saya yang paling nyinyir kalo udah ngomong HONDA, sejatinya
terus berharap agar si Raja 4 Tak ini segera berbenah dan kembali jadi
HONDA ... bukannya malah jadi ASTRA. Karena apa ? Karena 'Raja Bodoh'
ini sesungguhnya pandai dan punya segala sesuatunya. Pengalaman
puluhan tahun merajai pasar otomotif roda dua di Indonesia, bukanlah
satu hal yang didapat dengan mudah dan dimiliki oleh ATPM lain. Ibarat
Tukul Arwana, AHM sesungguhnya 'berintelegensia tinggi' meskipun
'wajahnya' (baca:motornya) katrok, culun, ndeso.

Coba kebet MotorPlus yang lalu, di situ nongol sekilas wajah Honda
Cafera. Pertama kali melihat, wow .... saya sangat surprise. Ini motor
Honda tapi kok mirip Yamaha ? Hehehe. Honda rasa Yamaha, ya si Cafera
ini. Sayang beribu sayang, AHM beraninya masang teknologi tahun 70-an.
Tapi so what gitu loh ? Wong pasar yang dibidik yang paling gemuk,
bebek low end. Kalo gue pasang teknologi tinggi, mampu bayar nggak lo
? Begitu kira-kira dalih para petinggi partai di sana kalo ditanya.
Wong yang teknologi tua aja dibanderolnya mahal banget.

Dari wajah Cafera, ada dua hal yang bisa ditarik. Pertama, AHM mulai
berbenah (meski baru sekedar bodi, lagi-lagi ...) dalam meracik
produk. Kedua, atau barangkali AHM mulai kehilangan jati diri dan
malah condong mengikuti desain Yamaha ? Tapi, apa salahnya ? Toh
beberapa puluh tahun ke belakang juga motor Honda yang kerap ditiru
kompetitornya. Dari sini, muncul asumsi ketiga ..... Honda benar-benar
sudah mulai keok dan kehilangan arah. Even desain motor saja sudah
mulai berantakan dengan menjadi peniru.

Raja 4 Tak ... dahulu, sekarang, selamanya ..... sekarang mulai 'BOTAK'?

Wah, kasihan banget ya. Lawan-lawannya baru mulai main 4 tak, si Raja
malah 'digebrak'. Arogansi dan kursi empuk puluhan tahun kiranya jadi
batu sandungan. Tidak ada gerak cepat dan taktis untuk menyikapi
Yamaha saat mulai 'ngotak'. AHM terlalu lamban dan terkesan kelewat
banyak birokratisnya. Kehilangan peluang dan kesempatan, itulah yang
dialami sekarang. Sampai jajaran petingginya sekalipun bungkam dan
memilih untuk 'mencoba meneliti kondisi pasar saat ini terlebih dulu'.
Pak, jangan kelamaan atuh ! Keburu bangkrut nanti. Dari dulu lupa
dikasih kuping dua biji sama Tuhan Yang Maha Kuasa ? Denger itu
konsumenmu teriak-teriak sampai tenggorokannya mau pecah. Dari dulu
pakenya mata melulu sih buat ngitungin duit keuntungan. Hihihihi.

Sumber :
http://www.mail-archive.com/karisma_honda@yahoogroups.com/msg34374.html